Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Razia PGOT Satpol PP Amankan Manusia Silver

kabarMagelang.com__Tim Gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Dinas Sosial,  Kabupaten Magelang menggelar penertiban Permasalahan Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah Kecamatan Mungkid, dan Muntilan, Magelang, Kamis (17/2/2022).  Penertiban (PMKS) dengan sasaran pengemis gelandangan dan orang terlantar tersebut, dapat mengamankan belasan pengemis dan pengamen dua diantaranya masih anak dibawah umur.

Penyuluh Sosial Dinas Sosial Kabupaten Magelang Suroto, kegiatan penertiban ini sesuai dengan Perda Kabupaten Magelang Nomor 1 tahun 2019 tentang penanganan pengemis gelandangan dan orang terlantar (PGOT).

“Dalam aturan tersebut mereka (PGOT) harus mentaati aturan dimana tidak boleh melakukan kegiatan menggelandang apalagi melakukan kegiatan di traficlight. Kegiatan ini masyarakat kan yang terganggu,” ujarnya uasi melangkuti kegiatan penertiban.

Dalam penertiban ini sedikitnya ada belasan orang yang diamankan dari beberapa titik lokasi diantaranya di pertigaan Blondo, traficlight Palbapang, Mungkid, dan beberapa titik di wilayah Muntilan.

“Ada 12 orang yang berhasil kita bawa ke kantor Satpol PP ini. Sebanyak 5 orang berkegiatan sebagai manusia silver, 7 orang pengemis, dua diantarang masih anak – anak. Mereka kebanyakan dari magelang sendiri, hanya ada satu orang dari wonosobo,” ungkap Suroto.

Dia menjelaskan para PGOT ini selanjutnya dilakukan pendataan dan pembinaan, termasuk juga dimintai keterangan tentang asal dan latar belakang mereka sebenarnya sehingga melakukan kegiatan menggelandang atau mengemis.

“Kita suruh membuat pernyataan tidak akan turun ke jalan lagi, kemudian kita arahkan mereka untuk Dinas Tenaga Kerja agar mengikuti program-program pelatihan yang ada di sana. Mereka kan kebanyakan mengaku tidak memiliki keahlian, dan karena faktor ekonomi. Dan kegiatan penertiban ini akan terus dilaksanaan di wilayah-wilayah Kecamatan lainya secara berkala,” tegas Suroto.

Sementara Kepala Satpol PP Wisnu Harjanto, berharap kedepan agar lebih fokus pada upaya menekan PGOT yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Selain itu agar juga ada upaya dari dinas-dinas terkait yang membidangi tentang kelanjutan para PGOT ini setelah diamankan.

“Pembinaan untuk teman-teman yang kena Razia ini ya perlu sabar. Ini perlu koordinasi, perlu andanya anggaran dan penyamaan persepsi dari pemerintah,” tandasnya.(Kbm2)

 

 

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply