Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina Buka Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan di Magelang

kabarMagelang.com__Sebanyak 100 petani ikan Kabupaten dan Kota Magelang mengikuti pelatihan pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal di Aula Balaidesa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Magelang. Pelatihan selama dua hari (18-19 April 2022) ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina. Dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa menekan biaya pakan ikan sebesar 40 persen.

Politisi PDIP ini menyebutkan bahwa untuk peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan pakan ikan sebanyak 100 peserta yang berasal dari Kabupaten dan Kota Magelang.

Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina, ketika ditemui usai membuka pelatihan tersebut mengatakan, pesertanya warga Kabupaten dan Kota Magelang. Total pesertanya 100 orang.

“Sebelumnya sudah banyak dilakukan pembudidayaan ikan, ternyata permasalahannya beban produksinya di pakan ikan. Dengan bantuan pembuatan pakan ikan ini, diharapkan biaya produksinya akan berkurang. Dan semua menggunakan bahan lokal ditambah mineral dan vitamin," jelas Vita Ervina usai membuka pelatihan.

Vita mengatakan untuk jenis bahan lokal terdiri dari tepung ikan, tepung jagung, dedak, tepung kedelai. Jadi bahan bakunya mudah didapat di lokasi masing-masing peserta pelatihan.

"Murah harganya, tetapi tetap bergizi," ujarnya.

Dia menjelaskan nantinya jika dibandingkan dengan membeli pakan ikan pabrikan, akan jauh lebih murah.

“Karena bisa mengurangi beban biaya produksi sekitar 30-40 persen. Dengan demikian akan lebih murah kalau membuat pakan ikan sendiri,” terang Vita.

Dia berharap dengan bantuan tersebut para peternak lain di dua daerah ini bisa membeli dari peternak yang sudah dilatih.

“Karena harganya jauh lebih murah dibanding harga pabrikan,” katanya.

Vita menambahkan setelah pelatihan aka nada kelanjutan pembinaan dari penyuluh agar usah ini benar-benar mandiri.

"Akan ada pendampingan dari penyuluh sampai benar-benar usaha itu berjalan sendiri," tambah Vita.

Semenatara Kepala Dinas Peternkaan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Joni Indarto, menandaskan biaya produksi budidaya ikan itu 60-70 persen ada di pakan. Sementara harga pasaran pakan ikan saat ini relatif tinggi.

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini. Ketika pembudidaya ikan bisa membuat pakan secara mandiri, merupakan jawaban untuk mengatasi terkait mahalnya pakan, dan memperkecil biaya produksi,” tandasnya.(Kbm2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply