Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ribuan Umat Budha Sambut Detik-detik Tri Suci Waisak 2566(BE)/2022 di Plataran Candi Agung Borobudur

kabarMagelang.com_Ribuan umat Budha dari berbagai Majelis Agama Budha Indonesia memperingati perayaan detik-detik Waisak di plataran barat Candi Agung Borobudur, Magelang, Senin (16/5/2022). Di tengah teriknya panas matahari ribuan umat Budha ini tetap khusu’ mengikuti jalanya prosesi menanti detik-detik Tri Suci detik-detik Waisak yang jatuh tepat pada pukul 11.13,36 WIB.

Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya dalam sambutanya menyampaikan Candi Agung Borobudur menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Merupakan warisan budaya yang dibangun pada abat 8-9 sebelum Masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

“Umat Budha Walubi yang terdiri dari 14 majelais agama Budha dan perma budi beserta jajaranya telah bermitra melaksanakan perayaan waisak pada tahun ini. Secara  bersama-sama kita menyabut detik-detik Tri Suci Waisak 2566(BE)/2022 yang jatuh tepat pada pukul 11.13,46 Senin (16/5/2022),” katanya.

Dia menyebutkan Tema waisak 2566 BE/2022 ini “ Dalam kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati” yang mengandung arti bahwa kebhidupan yang berbagai ragam hanyalah dipenuhi oleh berbagai pandangan keliru dengan mempertuanagungkan sang agung dengan sang ibu.

“Sehingga manusia selalu terjebak dalam pertengkaran, saling menga-menangan sehingga  menciptakan penderitaan sepanjang masa,” ungkap Hartati.

Dia mengajak seluruh umat Budha perlunya merasakan nikmatnya hidup penuh kesadaran dan memperoleh kekuatan kebijaksanaan, yang berguna bagi orang lain berwelas asih.

“Karena menjadi orang yang berguna dengan kekuatan kesadaran dan kebijaksanaan kita memperoleh pencerahan demi pencerahan. Jika pencerahan telah berkembang mencampai tingkat sempurna, maka semua manusia dan kita semua  akan menjadi Budha,” ujarnya.

Tepat pada detik-detik Tris Suci Waisak ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh salah satu pimpinan Bhiksu yang dilanjutkan dengan doa-doa parita suci secara bergantian dari masing-masing majelis. Prosesi Detik-detik Tri Suci Waisak ini ditutup dengan pradaksina berjalan mengelilingi Candi Agung Borobudur sebanyak tiga kali.

Kemudian sebagai puncak perayaan Tri Suci Waisak 2566 (BE)/2022 prosesi Dharma Santi yakni pelepasan lampion sebanyak 2022 yang akan dilaksanakan dua sesi yaitu pada pukul 19.00 WIB dan pukul 20.30 WIB mala ini.(Kbm2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply