Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Soal Kepadatan Arus Lalu lintas Libur Lebaran, Ini Penjelasan Kapolres Magelang

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Magelang selama musim libur lebaran mayoritas disebabkan banyaknya masyarakat untuk berwisata. Hal tersebut disampaikan Kapolres Magelang AKBP. Mochammad Sajarod Zakun saat melakukan monitoring Pos Pelayanan di kawasan Candi Borobudur, Kamis (5/5/2022). Untuk mengantisipasi kemacetan petugas melakukan beberapa scenario salah satunya menggunakan rekayasa lalu lintas di beberapa titik rawan kemacetan.

Kapolres Magelang AKBP. Mochammad Sajarod Zakun mengatakan kepadatan lalu lintas di wilayah Magelang mayoritas akibat dari banyaknya masyarakat untuk berwisata.

“Sampai dengan hari Minggu ke depan ini masyarakat masih nuasnsa liburan sehingga kebanyakan mereka berkunjung ke obyek wisata, dan berlibur di Magelang,” ungkapnya.

Dia menjelasakan bahwa di wilayah Kabupaten Magelang terdapat obyek wisata super prioritas yakni Candi Borobudur, dimana saat ini sudah dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 17.00 wib.

“Hampir setiap hari pengujung yang datang selama libur lebaran di kisaran angka diatas 20 ribu. Inilah yang menyebabkan menjadi potensi terjadinya krodit atau kemacetan dan kepadatan di beberapa titik,” kata Kapolres.

Oleh sebeb itu untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat lonjakan pengunjung, Polres Magelang sejak awal sudah mengantisipasi dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa titik, dan di beberapa simpul jalan menuju wilayah Candi Borobudur.

“Kita antisipasi dengan menggunakan rekayasa lalulintas. Dimana beberapa simpul jalan di wilayah candi Borobudur, khususnya di pintu masuk satu jika sudah penuh kita akan tutup. kemudian di beberapa titik kita alirkan masuk melalui pintu yang lainya. Untuk kemacetan sampai dengan saat ini tidak terjadi. yang ada hanya kepadatan, semua kendaraan baik roda empat dan roda dua berjalan,” jelasnya.

Kapolres juga memprediksi untuk kepadatan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Magelang akan terjadi pada hari ini (Kamis 5/5/2022) hingga besok (Jumat 6/5/2022). Pasalnya hari Sabtu dan Minggu (5-6/2022) kebanyakan masyarakat sudah balik ke tempat tujuan dimana masyarakat bekerja.

“Namun demikian kita telah melakukan koordinasi dengan Polres Magelang Kota untuk bersama-sama mencairkan di beberapa simpul kepadatan lalu lintas. Prediksi dari hari kemarin dari hari plus satu lebaran, kami sudah melihat beberapa lonjakan arus kepadatan lalulintas yang masuk maupun keluar, baik dari utara maupun selatan, dari wilayah Secang sampai dengan Salam itu cukup padat,” papar Kapolres.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat yang berkunjung ke Candi Borobudur atau ke obyek wisata lainya tetap mentaati peraturan lalintas.

“Jaga keselamatan, dan juga mentaati protokol Kesehatan,” pungkasnya.(Kbm2)

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply