Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sebanyak 1.257 Personil Gabungan Siap Amankan G20 di Borobudur

MUNGKID, kabarMagelang__Sebanyak 1.257 personel gabungan mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Culture Ministers Meeting G20 di Lapangan drh. Soepardi Sawitan, Kecamtan Mungkid, Magelang, Sabtu (10/9/2022). Gelar pasukan tersebut dipimpin oleh DansatBrimob Polda Jateng Kombes Kombes Pol Yopie Indra Prasetya Sepang, S.I.K., M.Si.

Dalam keteranganya Yopi menegaskan skema pengamanan selama pelaksanaan G20 ada sejumlah titik dimana masing-masing akan dibawah perwira pengendali (Padal).

“Apel gelar pasukan ini kita laksanakan, untuk kita cek terkait dengan kesiapan mereka, pengetahuan mereka kemudian keyakinan mereka pada saat ada ancaman kemudian cara bertindak mereka bagaimana kita cek disini,” tegasnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan di Lapangan drh. Soepardi, Sabtu (10/9/2022).

Dia menjelaskan mulai besok pagi (11 sampai dengan tanggal 14)  merupakan rangkaian kegiatan pengamanan.

“Tanggal 11 mereka (para delegasi)  turun di Jogja kemudian datang masuk di Magelang, kemudian mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah terjadwal,” ungkap Yopi.

Dia menyebutkan untuk pengamanan yang diterjunkan sebanyak 1.257 personel, gabungan  dari Polri TNI, Dishub, dari BPBD, Damkar, dan dari PolPP. Para personil ini akan ditempatkan pada titik-titik khusus.

“Pengamanan khusus yang pasti pada view-view kegiatan, kemudian penginapan, terutama kegiatan yang di Borobudur,” jelasnya.

Yopi menegaskan akan melakukan pengamanan secara maksimal berdasarkan pola yang sudah ditetapkan sebealumnya.

“Kita lakukan pengamanan secara maksimal. Itu sudah ada pola pengamanannya maka nanti akan kita cek tentang penempatan-penempatan personil pada titik krusial itu akan kita perkuat. Itu sudah dilakukan perencanaan pengamanan baik oleh kapolres magelang maupun roap polda,” ungkap Yopi.

Terkait adanya pengamanan yang dibawa sendiri dari beberapa delegasi , Yopi menegaskan bahwa hal tersebut sudah dikoordinasikan melalui rapat dengan kementrian dan Deplu.

“Sudah dikoordinasikan leading sektor ini dari kementerian, terus deplu melalui rapat pengamanan sebelumnya,” ujarnya.

Sementara Kapolres Magelang AKBP. Mochammad Sajarod Zakun menambahkan bahwa prioritas pengamanan tetap di seputar Candi Borobudur.

“Itu pasti. Karena seluruh rangkaian kegiatan itu terfokus atau terpusat di seputaran kawasan Candi Borobudur. Oleh karena itu, beberapa ruas atau simpul-simpul jalan kita lakukan rekayasan jalan ketika kegiatan ataupun event berlangsung di lokasi tersebut,” tambahnya.(Kbm2) 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply