Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Distanpangan Bagikan Ratusan Paket Sayuran ke Masyarakat Terdampak Kenaikan Harga BBM

kabarMagelang.com__Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang kembali menyalurkan ratusan paket sayuran gratis. Bantuan merupakan program dari Kementrian Pertanian yang diberikan untuk masyarakat terdampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kegiatan dengan menggandeng  Asosiasi Pasar Tani Indonesia Kabupaten Magelang ini dilaksanakan dilapangan Pendopo Lapangan Drh Soepardi Mungkid, Magelang. Senin (10/10/2022).

Selain untuk membantu masyarakat terdampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), kegiatan ini juga bertujuan untuk meringankan beban petani sayur yang merugi akibat harga jual panen rendah.

Sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan di sekitar Taman Wisata Candi borobudur dan Muntilan dengan membagikan 200 paket sayur secara gratis kepada pengemudi ojek online, warung kaki lima, dari ibu rumah tangga yang terdampak kenaikan BBM.

Penyuluh Pertanian pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Ttitik Nawang P. menjelaskan  saat ini harga beberapa komoditas pertanian tengah terpuruk.

“Ini akibat stok panen melimpah, melebihi daya beli konsumen sehingga harga beli menjadi murah,” ungkapnya di sela-sela kegiatanya.

Dia menyebutkan tahun 2022 bantuan program pembelian sayuran petani tersebar pada 10 kabupaten sentra hortikultura.

“Diantaranya di Cilacap, Magelang, Temanggung, Rembang, Purworejo, Brebes, Purbalingga, Banjarnegara, Grobogan dan Wonosobo,” jelas Titik.

Lebih lanjut Titik mengungkapkan setiap paket sayuran yang dibagikan tersebut  menyesuaikan kondisi harga dan hasil panen yang berlaku di daerah saat itu.

"Anggaran perkabupaten itu Rp 15 juta untuk membeli paket sayuran dengan menyesuaikan harga yang ada saat itu karena setiap daerah harganya beda beda," terangnya.

 “Berdasarkan data akumulatif di Jawa Tengah saat ini harga terendah sayuran ada pada jenis tomat dan kobis,” tambah Titik.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distanpangan Kabupaten Magelang Ade Sri Kuncoro Kusumanintyas menambahkan penyaluran bantuan paket sayur tahap ke dua ini sebanyak 300 paket. Diberikan kepada warga dari beberapa desa di wilayah Mungkid.

"Mereka sudah membawa kupon dari panitia. Berdasar fasilitasi dari kegiatan ini maka dipilihlah orang orang yang tepat menerimanya," ungkapnya.

Dia menyebutkan  saat ini dibagikan sebanyak 300 ratus paket sayuran yang berisi kobis, sawi, terong, dan tomat,  masih akan dilaksanakan lagi pada tahap ke tiga.

"Kegiatan ini tahap kedua. Yang pertama jumlahnya 200 paket dan sekarang 300 paket dan yang besok (tahap ketiga) itu ada 100 paket," kata Ade.

Sementara salah satu penerima bantuan yang merupakan penjual gorengan dari Candi Mendut, Mamat mengaku senang menerima bantuan tersebut.

“Sebagai penjual gorengan bantuan ini sangat bermanfaat. Saya berharap bantuan semacam ini akan terus diberikan lagi,” harapnya. (kbm2). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply