Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Bupati Magelang Launching Revitalisasi Ricemills Sumber Makmur di Dusun Godean

kabarMagelang.com__Revitalisasi Ricemills (Penggilingan Padi) akan menjadi solusi sekaligus terobosan yang membanggakan dalam menjaga ketahanan pangan desa yang selaras dengan misi Pemerintah Kabupaten Magelang untuk meningkatkan daya saing daerah yang berbasis pada potensi lokal dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Hal ini disampaikan oleh, Bupati Magelang Zaenal Arifin saat melaunching Revitalisasi Ricemills Sumber Makmur di Dusun Godegan, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi beserta Kepala OPD terkait dan Forkompimcam Kecamatan Ngluwar, Jumat (18/11/2022).

"Untuk mencapai kondisi tersebut maka diperlukan upaya pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastuktur wilayah yang berkelanjutan, yang mana program prioritas dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Magelang salah satunya melalui pengembangan di sektor pertanian," kata, Zaenal.

Ia juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BUMDesma Kawasan yang telah berkomitmen bersama masyarakat desa untuk saling bekerjasama, berkolaborasi guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

"Prestasi ini bisa dijadikan momentum dalam memperkuat kemandirian ekonomi desa melalui pengelolaan potensi BUMDesma, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, utamanya para pelaku UMKM," ungkapnya.

Zaenal berharap dengan hadirnya Penggilingan Padi Sumber Makmur BUMDesma kawasan ini, dapat memperkuat sistem usaha tani secara utuh dalam satu manajemen kawasan serta memperkuat kelembagaan petani dalam mengakses informasi, teknologi, prasarana dan sarana publik, dan pengolahan serta pemasaran.

Sementara Camat Ngluwar, Rohmad Zani mengucapkan terimakasih kepada Bupati Magelang yang telah memberikan kesempatan kepadanya beberapa waktu lalu untuk mengikuti Diklat PIP di Semarang, yang salah satu agendanya harus mengadakan aksi perubahan di wilayah masing-masing.

Untuk itu hasil dari intensifikasi masalah yang ada di Kecamatan Ngluwar, salah satunya yang nilainya paling tinggi adalah 'Ricemills di tempat ini. Karena sejak tahun 2018 Pemerintah sudah memberikan bantuan berupa Ricemills ini, tetapi baru beroperasi satu kali lalu diibaratkan mati suri.

"Untuk itu kami langsung bergerak untuk berkoordinasi dengan 4 anggota Bumdesma. Dan atas petunjuk dari mentor kami yaitu Bapak Asisten dan Kesra, kami didukung untuk melakukan aksi ini," katanya.

Lebih lanjut, Rohmad menjelaskan bahwa mesin Revitalisasi Ricemills ini mampu menghidupkan empat mesin sekaligus sehingga lebih efektif dan efisien. Bahkan mesin ini dalam satu jam dapat memproduksi atau menghabiskan gabah sebanyak 1,5 ton.

Untuk diketahui, luasan tanah pertanian di Kecamatan Ngluwar saat ini setelah terpotong pembangunan tol sebesar 1.199,4 Hektare, yang setiap tahunnya dari luas tersebut menghasilkan gabah sebanyak 16.027 ton.

"Harapannya ketika alat ini nanti mulai beroperasi secara optimal, hasil manfaatnya betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar," kata, Rohmad.(Kbm2)

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply