Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Dokter Aziz Ajak Pemilih Pemula Tak Takut Bicara Politik

KabarMagelang.com__Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengajak pemilih pemula untuk tidak takut berbicara politik asalkan tidak menjelekkan dan menjatuhkan pihak lain. Generasi muda yang menjadi pemilih pemula saat ini adalah penentu masa depan politik di Indonesia dan di Kota Magelang khususnya.

"Jangan takut bicara tentang politik, selama tidak menjelekkan pihak lain. Tetapi fokus bagaimana membuat perubahan yang lebih baik," kata Dokter Aziz, saat menjadi narasumber Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di Pendopo Pengabdian Magelang, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, pemilih pemula harus cerdas memilih partai politik yang kredibel dan memilih calon pemimpin yang memiliki track record bagus, begitu juga dengan level pendidikan dan akhlak yang baik.

"Politik identitas boleh, tapi jangan terlalu ditonjolkan. Generasi muda yang menentukan politik di Indonesia, siapa yang dipercaya maka dia yang akan menjadi pemimpin," ujar Dokter Aziz.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Magelang, Agus Satiyo Haryadi menjelaskan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula ini bertujuan memberikan pengetahuan pendidikan politik bagi generasi muda khususnya pemilih pemula pada pemilu serentak 2024 dalam upaya peningkatan kapasitas dan karakter kebangsaan sekaligus meningkatkan partisipasi politik di Kota Magelang

"Kemudian, sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran politik bagi pemilih pemula agar lebih cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu, hoaks atau kabar bohong dalam menentukan pilihannya," jelas Agus.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan partisipasi politik bagi pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik sehingga pada pemilu 2024 angka golput bisa berkurang.

Para peserta sosialisasi kali ini adalah siswa SMAN 2 Magelang sebanyak 200 orang. Selanjutnya, siswa SMAN 1 sebanyak 200 orang di Pendopo Pengabdian pada Selasa (15/11/2022).  Lalu SMAN 4 Magelang pada Rabu (16/11/2022), SMAN 3 Magelang pada Kamis (17/11/2022), dan SMAN 5 Magelang pada Kamis (1/12/2022). Setiap sekolah diwakili 200 orang di aula sekolah masing-masing.

"Total sasaran kegiatan ini sebanyak 1.000 orang, dengan narasumber Wali Kota Magelang, Komisi KPU dan Bawaslu Kota Magelang, serta akademisi dari Untidar Magelang," imbuh Agus

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kota Magelang, Joko Tri Haryanto menyampaikan terimakasih karena telah mengajak serta siswa-siswanya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Joko menyebut, sosialisasi ini penting guna memberikan bekal ilmu tentang politik bagi pelajar yang merupakan pemilih pemula.

"Kami merasa luar biasa karena telah diundang kesini. Anak-anak dapat ilmu valid dari narasumber yang luar biasa pula tentang politik. Saya harap anak-anak memperhatikan dan mencermati," ucap Joko. (Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply