Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Omset Muntilan Expo 2022 Capai Rp. 300 Juta, Mendorong Bangkitnya UMKM Pasca Pandemi

kabarMagelang.com__Penyelenggaraan Muntilan Expo 2022 meraup omzet sedikitnya Rp.300 juta. Mendorong bangkitnya UMKM di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pasca pandemi. 

Omzet itu dihitung berdasarkan total pendapatan rata-rata UMKM peserta Muntilan Expo yang diselenggarakan 10-13 November 2022.

Ketua Panitian Muntilan Expo 2022, Purwoko mengatakan masayarakat Kecamatan Muntilan dan sekitarnya antusias untuk  menghadiri bazar UMKM ini.   

Menurut Purwoko jumlah pengunjung rata-rata mencapai 1.500 sampai 2 ribu orang per hari. Jumlah pengunjung membludak jika ada pertunjukan kesenian tradisional yang tampil hingga malam hari.

"Kalau dikalkulasi omzet yang masuk ke para peserta UMKM itu sekitar Rp300 juta selama 4 hari. Jumlah pengunjung dikisaran per hari 1.500 sampai 2 ribu," kata Purwoko disela acara penutupan Muntilan Expo 2022, Minggu (13/11/2022). 

Komunitas Joxzin Kita menggagas Muntilan Expo 2022 untuk mendorong bangkitnya UMKM di Kabupaten Magelang yang sempat terpuruk selama pandemi. 

Penasehat Joxzin Kita yang juga Pimpinan PPI Al Iman Muntilan, Dr Muhamaad Zuhaery mengatakan, suksesnya Muntilan Expo 2022 menunjukkan perekonomian masyarakat mulai pulih. 

"Ini memberikan sinyal perekonomian masyarakat pasca pandemi mulai merangkak naik. Perlu dukungan pemerintah sehingga masyarakat yang tertimpa pandemi sekitar 2 tahun, bisa bergeliat dan kesejahteraan masyarakat meningkat," kata Dr Muhamaad Zuhaery.

Digelarnya pertunjukan kesenian tradisional selama Muntilan Expo 2022 bertujuan melestarikan dan mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat.   

"Dalam konteks acara ini, kami selain mengangkat perekonomian juga mengangkat seni budaya lokal. Agar masyarakat paham ternyata kita punya seni dan budaya yang sangat kaya." ujarnya.

Mendapatkan keuntungan ekonomi bukan satu-satunya tujuan dari penyelenggaraan Muntilan Expo 2022. Mengasah kepekaan sosial para pelaku UMKM juga menjadi salah satu target kegiatan ini.   

Bekerjasama dengan lembaga lembaga amil zakat infak dan sedekah (Lazis) Assalam Fil Alamin Jakarta, Joxzin Kita membagikan 150 paket bantuan bahan pokok.   

Paket bantuan itu diserahkan kepada 150 keluarga dhuafa dan fakir miskin yang tinggal di sekitar Muntilan, Salam, Dukun, dan Mertoyudan. 

"Kami membagikan 150 paket sembako untuk dhuafa dan fakir miskin. Kita pesankan di balik kita UMKM dan berkesenian budaya, perlu juga kita perhatikan saudara-saudara kita yang dalam hal ini kurang beruntung," kata Dr Muhamaad Zuhaery.

Penyerahan bantuan bahan pokok untuk kaum dhuafa dan fakir miskin itu menutup rangkaian acara Muntilan Expo 2022 yang digelar di halaman kompleks Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.(kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply