Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Aksi Simpatik di Pasar Borobudur Bawaslukab Magelang Ajak Masyarakat Kawal Hak Pilih

Borobudur, kabarMagelang.com__Bawaslu Kabupaten Magelang, dan Panwaslu Kecamatan Borobudur  serta Panwaslu Kelurahan/Desa melakukan aksi simpatik sosialisasi Pemilu dan mengajak Masyarakat menjadi pengawas partisipatif, di Pasar Borobudur, Magelang, Senin (27/2/2023) siang. Bawaslukab Magelang berharap dengan kegiatan ini masyarakat bisa bergabung menjadi pengawas partisipatif guna mengawasi jalanya Pemilu 2024 sehingga tidak terjadi pelanggaran.

Ketua Bawaslukab Magelang M.Habib Shaleh S.S, didampingi Kordiv Penanganan Penindakan dan Penyelesaian sengketa H. Fauzan Rofiqun, mengatakan,  Bawaslu Kabupten Magelang bersama Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa melakukan sosiaslisasi di pasar Borobudur.

"Kita, bersama-sama mengajak masyarakat, menjadi pengawas partisipatif dengan mengawasi coklit,” ungkapnya di sela-sela sosialisasi di Pasar Borobudur.

Dia menjelaskan bahwa saat ini tahapan yang sedang dilakukan pengawasan adalah pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh Pantarlih.

“Saat ini ikan tahapanya coklit, sehingga kita bersama Panwasdes dan Panwaslucam mengawasi coklit bersama sama. Dan agar lebih maksimal kita mengajak masyarakat untuk mengawasi coklit juga. Ini tentunya dalam rangka mencegah potensi pelanggaran. Pelanggaran yang ada kita cegah bersama-sama,” jelas Habib.

Pada kesempatan tersebut Bawaslukab Magelang juga mengajak masyarakat yang ada di Pasar Borobudur mulai dari, para pedagang, tukang becak, tukang ojek, serta pengunujung pasar yang ditemui untuk bersama Bawaslu menjadi keluarga anti money Politik.

“Selama ini kan basis pelanggaran money politik ada di rumah-ramah dan keluarga. Mereka menyabarkanya secara door to door. Untuk itu kami mengajak masyarakat menjadi keluarga anti money politik. Karena dengan menjadi keluarga anti money politik,  ruang gerak politik untuk membagi bagi uang semakin terbatas,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi bagian rangkaian dari “Apel Patroli Kawal Hak Pilih” bersama Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) yang dilaksanakan di Halaman Bawaslukab Magelang, Senini (27/2/2023) pagi.

“Kami tadi melakukan Apel Patroli Kawal Hak Pilih dan kemudian kegiatan itu kita lanjutkan dengan aksi simpatik di Pasar Borobudur. Dengan membagikan tiga jenis sticker pencegahan pelanggaran Pemilu kepada masyarakat dan para pedagang. Kebetulan Pasar Borobudur ini banyak pengunjungnya dan terletak dekat dengan Candi Borobudur, sehingga tingkat kerawananya tinggi,” ujar Habib.

Habib menerangkan sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara benar apa itu Pemilu. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat Kabupaten Magelang bisa bergabung dengan Bawaslukab Magelang untuk bersama-sama mengawasi Pemilu, dengan menjadi pengawas partisipatif.

“Dan tadi hasil komunikasi kami dengan beberapa para pedagang, mereka belum banyak mengetahui tentang Pemilu, kerawanan pemilu, pelanggaran Pemilu, maka itu penting untuk melakukan sosialisasi, edukasi, kepada masyarakat,” pungkas Habib.(Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply