Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kapolresta Magelang Pantau Lonjakan Wisatawan, di Beberapa Obyek Wisata


KabarMagelang.com__Obyek wisata adalah tempat yang akan di kunjungi oleh para wisatawan di saat libur lebaran 2023, oleh karena itu Polresta Magelang Polda Jawa Tengah telah mempersiapkan Pos Pengamanan dan Pos Pengamanan Terpadu untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung wisata.

Kapolresta Magelang KBP RURUH WICAKSONO, S.I.K., S.H., M.H., didampingi pejabat utama dan Para Kasat Polresta Magelang melakukan pengecekan terhadap para personil pengamanan dan kesiapan perangkatnya di sejumlah objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Magelang.

Obyek wisata Candi Borobudur dan Ketep Pass serta Tol Kayangan merupakan lokasi objek wisata yang dilakukan pengecekan secara langsung pada Senin (24/04/2023) pagi.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K.,S.H. M.H., mengatakan disamping para pemudik melaksanakan kunjungan silaturahmi kepada sanak keluarga di kampung halaman, banyak juga pemudik yang ingin menghabiskan masa libur Lebaran di Obyek Wisata yang berada di wilayah Magelang.

"Kami memprediksi akan terjadi ledakan pengunjung di berbagai tempat keramaian seperti obyek wisata wisata, pusat perbelanjaan dan oleh-oleh, tempat makan, dan lainnya," katanya.

Dia menyebutkan beberapa tempat wisata yang diperkirakan akan ramai pengunjung seperti Destinasi wisata Candi Borobudur, Ketep Pass, Tol Kahyangan, dan sejumlah tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Magelang.

Polresta Magelang telah mengerahkan 477 personel yang disebar di berbagai wilayah Kabupaten Magelang, termasuk di lokasi yang berdekatan dengan Obyek wisata seperti pendirian Pos Pengamanan Candi Borobudur, Sub Pos Pengamanan di lokasi Ketep Pass dan Pos Pelayanan Terpadu di Mendut.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa setelah lebaran masyarakat pasti akan memadati tempat wisata untuk menikmati masa liburannya, untuk itu kami siapkan sedini mungkin bila ada lonjakan wisatawan, termasuk memastikan tempat parkir dan keamanan mereka, " Ujarnya. 

Selanjutnya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas serta kelancaran pelaksanaan pengamanan liburan hari raya idul fitri 1444 H di taman wisata Candi Borobudur untuk mengantisipasi melonjaknya pengunjung wisatawan maka didirikan Pos Pengamanan Terpadu TWCB / Masa Ramai yang berisi Polri Tni Satpol PP berjumlah 34 personil mulai tgl 23 April 2023 sd tgl 1 Mei 2023 yang berkaitan dengan pengamanan pariwisata di zona dalam Candi Borobudur. 

"Juga di dalam tempat wisata Ketep Pass didirikan Pospam Terpadu," ujar Ruruh.

"Personil Pospam di luar zona Candi Borobudur dan diluar tempat wisata Ketep Pass bertugas berkaitan dengan pegunjung dan kamseltibcarlantas", pungkasnya.

Di sela-sela kunjungannya tersebut Kapolresta menghimbau"Agar masyarakat tetap berhati-hati saat menikmati masa liburan. 

Staf Badan Pengelola Obyek Wisata Ketep Pass Kusratno mengatakan, akan melakukan pemetaan kerawanan di sekitar lokasi. 

"Kami akan melalukan patroli baik dialogis maupun memberikan edukasi kepada para pengunjung serta melaksanakan pengamanan terhadap obyek kunjungan, " Katanya. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pospam OKC 2023, pengunjung Candi Borobudur pada Jumat (21/4/2023) Pengunjung wisnus 1.996 orang, wisman 230 orang dan Goers 978 orqng (e-tiket naik sd monumen candi), jadi jumlah 3.204 orang.

Sabtu (22/4/2023) pengunjung wisnus 3.482 orang, wisman 200 orang dan Goers 1.210 orang jadi jumlah 4.902

Dan pada Minggu (23/4/2023) pengunjung wisnus 8.789 orang, wisman 145 orang dan Goers 1.241 orang dan penjaringan 5 orang (tiket pengunjung langsung offline), jadi jumlah 10.180 orang.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply