Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Calon Jemaah Haji Magelang Kloter 26 Adakan City Tour Madinah

kabarMagelang.com__Madinah, Calon Jemaah Haji SOC 26 asal Kabupaten Magelang tiba di Madinah pada hari Jum'at siang 2 Juni 2023. Kloter 26 ini berjumlah 360 orang yang terdiri dari 355 jemaah dan 5 Petugas Kloter.

Ketua Kloter 26 Achmad Syaefudin, menerangkan1 ( satu) orang jemaah tidak jadi berangkat  ke tanah Suci karena sakit dan diganti jemaah dari kloter 23 asal Kabupaten Purworejo. 

"Kloter 26 asal Kabupaten Magelang ini termasuk Pemberangkatan Haji Gelombang 1

(satu), sehingga jemaah menjalankan aktifitas ibadah di Madinah terlebih dahulu sebelum ke Makah" katanya melalui sambungan telepon dari Madinah, Selasa (6/6/2023) malam. Dia  menjelaskan bahwa waktu di Madinah jamaah sekitar 9 (sembilan) hari untuk menjalankan  " *Arba'in*" atau sholat fardlu dengan berjamaah di masjid Nabawi selama 40 waktu.

“Meskipun sunah ini tidak termasuk rukun atau wajib haji akan tetapi arba'in sebagai upaya memanfaatkan waktu yang sangat berharga selama berada di Kota Madinah,” ungkap Syaefudin.

Selama di Madinah jamaah juga mengikuti City Tour Madinah yang diadakan oleh Muassasah untuk mengunjungi tempat2 bersejarah yang menggambarkan perjalanan dakwah Rasulullah. 

“Salah satu lokasi tujuan city tour adalah Masjid Quba', masjid yang pertama kali di dirikan oleh Rosulullah SAW,” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan ke Jabal Uhud/ Bukit uhud , sebuah bukit yang menjadi saksi sejarah perkembangan Islam, untuk mengenang dan berziarah ke makam para Syuhada yang gugur pada perang uhud. 

Sementara Petugas Haji Daerah Suwarsa, menjelaskan bahwa Jabal Uhud dijadikan prioritas kunjungan agenda City Tour karena  Jabal Uhud ini sangat fenomenal dalam sejarah Islam.

“Jabal atau Gunung Uhud atau Bukit Uhud berlokasi sekitar 5 kilometer sebelah utara kota Madinah. Jabal Uhud yang mempunyai ketinggian sekitar 1050 mdpl merupakan gunung yang kelak ada di surga,” jelasnya.

Bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah umrah atau haji, biasanya akan menyempatkan diri untuk mengunjungi Jabal Uhud yang mempunyai panjang sekitar 7km. Jabal Uhud adalah gunung batu berwarna kemerahan yang tidak bersambungan dengan gunung-gunung yang lain.

"Karena itulah, penduduk Madinah menyebutnya Jabal Uhud, yang artinya "bukit menyendiri" dimana 70 ( tuju puluh) syuhada uhud termasuk sahabat Hamzah ibnu Abdul Mutholib menjadi syuhada dan dimakamkan di area ini" pungkas Suwarsa.(kmgl/az).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply