Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Warga Lereng Gunung Andong Gelar Budaya Tradisional Hingga Upacara Menggunakan Bahasa Jawa

24 Agustus 2023, KabarMagelang.com__Warga Desa Baleagung, Kecamatan Grabag, Magelang tetap melestarikan budaya tradisional yang sudah melekat sejak lama. Pada momentum Bulan Agustus ini, mereka menggelar pagelaran seni budaya Jawa. Yang menarik mereka melaksanakan upacara tetapi menggunakan bahasa Jawa.

Kegiatan bertajuk 'Wahyu Makutaning Kamardikan' ini diikuti oleh 10 dusun di Desa Baleagung yang berlangaung di Dusun Sudimoro. Setiap dusun menampilkan pentas kesenian, dan ada beberapa dusun membawa ogoh-ogoh raksasa dengan karakter serigala, tikus, hingga unta.

Sebelum menampilkan kesenian, para warga mengikuti upacara Agustusan. Uniknya, upacara menggunakan bahasa Jawa. Kecuali naskah proklamasi dan Pancasila. Meski cuaca terik, mereka tetap berdiri sembari menunggu pentas kesenian berlangsung.

Kepala Desa Baleagung Muhammad Sholikin mengapresiasi warga dusunnya yang kompak mengikuti karnaval tersebut. Ada sekitar 1.800 warga yang mengikutinya. 

"Semula warga pesimis. Tapi, alhamdulillah kegiatan ini meriah dengan kekompakan dan kegotongroyongan warga," ungkapnya usai upacara, Kamis (24/8/2023).

Dia mengatakan, karnaval ini dipadukan dengan kesenian yang sudah lestari di desanya. Termasuk didesain menggunakan bahasa Jawa. Agar turut nguri-uri kegiatan dan budaya Jawa yang selama ini dirasa hampir punah. 

"Momentum ini, cocok untuk mengaplikasikan hal itu," Katanya.

Sementara itu, Camat Grabag Sri Utari berharap, kegiatan semacam ini dapat mengangkat nama baik Kecamatan Grabag. Apalagi warganya tetap melestarikan adat dan budaya Jawa. 

"Dengan adanya wadah ini, dapat mengenalkan seni kepada anak-anak dan akan lebih kreatif," jelasnya. 

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang Manteb Sudarsono mengaku bangga dengan warga Desa Baleagung yang tetap melestarikan budaya Jawa. 

"Berarti warga sini masih mau melestarikan adat, budaya, dan tradisi Jawa," sebutnya. 

Dia berharap, para warga di Kabupaten Magelang, khususnya di Kecamatan Grabag terus melestarikan budaya Jawa. Termasuk penggunaan bahasa Jawa dalam setiap gelaran yang dilaksanakan. 

"Dengan begitu, para warga turut nguri-uri budaya Jawa," ujarnya. (Kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply