Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Antisipasi Massa Anarkis, Polresta Magelang Terjunkan Tim K-9


Polresta Magelang-Polda Jawa Tengah - Dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 yang saat ini sudah mendekati tahapan kampanye, Polresta Magelang Polda Jawa Tengah intensif menggelar Latihan Pengendalian Massa (Dalmas). Latihan ini untuk mengasah keterampilan dan kesiapan para personel dalam menghadapi unjuk rasa yang sewaktu-waktu berkembang dan menjurus ke aksi anarkis. 

 

Latihan ini berlokasi di halaman Polresta Magelang, pada Selasa (19/09/2023) siang. Melibatkan para personel yang nantinya akan terikat dalam pleton atau kompi pengamanan, termasuk diterjunkan pula Tim K-9.

 

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui KBO Samapta Polresta Magelang Ipda Sardi, S.H., menjelaskan bahwa pelatihan ini melibatkan seluruh personel gabungan dari Polresta Magelang dan polsek jajarannya.

 

"Pelatihan ini melibatkan para personel yang terdiri dari Negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, dan Tim Escape. Serta turut dilibatkan pula petugas dari tim K-9 sebanyak 2 personel guna membantu proses tahapan-tahapan dalam membubarkan massa yang anarkis," jelas Ipda Sardi.

 

Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perorangan para personel dengan ikatan satuan baik Peleton ataupun Kompi dan kesatuan yang lebih besar. Sehingga jika suatu saat nanti terjadi situasi anarkis oleh para demonstran yang memerlukan penanganan Dalmas yang tepat, seluruh personel sudah memahami apa yang harus diperbuat dan dikerjakan.

 

“Tentu sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku,” imbuhnya. 

 

Ketua tim K-9 Polresta Magelang Aiptu Adi Prasetyo, menyampaikan bahwa salah satu tugas K-9 ketika terjadi unjuk rasa anarkis adalah membubarkan massa. Serta membuka ruang untuk lapis ganti dari Dalmas Awal ke Dalmas Lanjut. 

 

"Kami secara intensif telah melatih beberapa anjing kami yang khusus dilatih untuk menangani kerusuhan. Kami berharap dengan kesiapan kami melalui pelatihan ini, Pemilu 2024 di Kabupaten Magelang dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif," harapnya. (Kmgl/az). 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply