Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Jabatan Bupati Magelang Segera Berakhir, DPRD Usulkan Tiga Nama Calon Pj


kabarMagelang.com__Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang, mengusulkan tiga nama calon penjabat (pj) bupati Magelang. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari pengusulan pemberhentian oleh DPRD karena masa jabatan Bupati Magelang Zaenal Arifin S.I.P, berakhir per 31 Desember 2023 mendatang, yang dituangkan dalam Rapat Paripurna DPRD Magelang pada Senin (27/11/2023) kemarin.

 

Pengumuman pemberhentian itu selaras dengan surat bupati Magelang Nomor 131/3127/81.01/2023 tertanggal 2 November 2023 perihal proses akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Magelang. Bahwasanya masa jabatan bupati dan wakil bupati Magelang berakhir pada 31 Desember 2023. 

 

Selanjutnya pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna. Lalu, diusulkan oleh DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan/atau gubernur Jawa Tengah untuk mendapat penetapan.

 

Diketahui Zaenal Arifin dan Edi Cahyana resmi menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Magelang masa jabatan 2019-2024 usai dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 29 Januari 2019 silam. 

 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Soeharno mengatakan, dalam sidang paripurna itu, diumumkan soal pemberhentian bupati dan wakil bupati Magelang. Lalu, nama calon pj bupati Magelang paling lambat diusulkan pada Rabu (6/12/2023).

 

"Saat ini, sekretaris dewan ke Jakarta untuk mengantar surat usulan ke Kemendagri," ungkapnya di kanto DPRD Kabupaten Magelang, Rabu (29/11/2023).

 

Namun saat ditanya soal nama yang diusulkan sebagai calon pj bupati Magelang, dia enggan menyebutkan.

 

“Yang pasti, ada tiga orang yang diusulkan. Tapi, tidak hanya DPRD yang mengusulkan nama calon pj, tapi juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan Kemendagri.  Penetapan pj bupati Magelang menjadi kewenangan dari pemerintah pusat. Nantinya, nama pj akan diumumkan kepada publik setelah mendapat surat keputusan penetapan dari Kemendragri.

 

"Jadi, tanggal 1 Januari 2024 sudah harus ada pj (bupati) baru. Maka dari itu, Kemendagri meminta deadline (nama calon pj) diusulkan paling lambat tanggal 6 Desember 2023," terang Soeharno. 

 

Namun berdasarkan informasi yang didapat, tiga nama calon pj bupati Magelang yang diusulkan yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang Adi Waryanto, Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Magelang Sukamtono. dan hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Magelang Ari Handoko.

 

"Nggeh (iya), ada tiga nama yang diusulkan. Nggeh pak sekda, pak Iwan, dan pak Sukamtono. Tapi, itu usulan tidak hanya dari kabupaten. Tapi, ada juga dari provinsi dan kementerian. Nanti prosesnya kementerian yang menentukan, kami hanya manut saja," sebutnya. 

 

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Setda Kabupaten Magelang Budi Daryanto mengatakan, usulan nama pj bupati dari dewan, pemprov, dan Kemendagri akan diseleksi kembali.

 

"Setelah itu, diambil tiga dan barulah disampaikan kepada Presiden," tandasnya.(kmgl/az).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply