» » Polres dan Polres Magelang Kota Siap Amankan Natal Dan Tahun Baru 2015

KABARMAGELANG.COM---Jajaran Polres dan Polres Magelang Kota siap mengamankan Natal 2014 dan tahun baru 2015. Sejumlah personil polisi disiagakan untuk menjaga gereja-gereja yang digunakan untuk melaksanakan misa Natal. Di Kota Magelang, akan ditempatkan jumlah personil lebih bayak di gereja-gereja yang di anggap sensitif, antara lain Gereja Ignatius, GKI Pajajaran, Pantekosta dan GPBIB. Sedang di Kabupaten Magelang, personil yang diterjunkan untuk pengamanan sebanyak 539 orang.
 
    "Dari 21 kecamatan, ada 4 kecamatan yang tidak memiliki gereja. Namun kami tidak mau lengah, tetap kami tempatkan personil terutama dititik rawan. Kita kerahkan ratusan personil untuk membantu kelancaran hari besar umat Nasrani," kata Kapolres Magelang AKBP Rifki, Selasa (23/12).

    Rifki mengatakan jumlah personil yang diterjunkan nantinya akan disesuaikan dengan jumlah jamaah masing-masing gereja. Polisi yang bertugas akan dilengkapi senjata lengkap, berpakaian seragam dan ada beberapa yang berpakaian sipil.

    Menurut Rifky, untuk memastikan keamanan Gereja, tim penjinak bahan peledak (jihandak) juga akan diterjunkan. Mereka akan melakukan penyisiran di dalam dan sekitar Gereja setidaknya 30 menit sebelum prosesi misa natal digelar.

    Pihaknya juga akan memasang alat pendeteksi logam (metal detector) yang wajib dilewati oleh setiap jamaah sebelum masuk ke dalam gereja. Hal ini untuk mengantisipasi oknum yang sengaja membawa benda-benda yang dinilai membahayakn bagi kelancaran misa Natal.

    Sedang di Kota Magelang, mulai Kamis (24/12) akan dilaksanakan operasi Lilin Candi 2014.Jumlah personil yang diterjunkan ke lapangan sebanyak  500 orang terdiri dari aparat polisi dan personel tambahan . Mereka akan melakukan pengamanan di titik-titik rawan, seperti gereja, pusat belanja, dan tempat rekreasi.
   
     Kapolres Magelang Kota, AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, pelaksanaan Operasi Lilin dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan operasi selama 10 hari dari 24 Desember 2014 sampai 2 Januari 2015.
   
    Zain menambahkan, di Kota Magelang ada 31 gereja yang akan melaksanakan Misa Natal dan menjadi prioritas pengamanan. Gereja sebanyak itu dibagi menjadi tiga zona rawan, yakni rawan 1, rawan 2, dan rawan 3 dengan tingkat pengamanan yang berbeda.
   
     Selain gereja, akan diamankan juga beberapa pusat keramaian, seperti alun-alun, Hotel Puri Asri, Hotel Atria, dan Taman Kyai Langgeng. Termasuk pusat-pusat belanja yang diperkirakan bakal dipenuhi pengunjung saat liburan kedua momen spesial itu.

    Dua pos keamanan juga dibuat di depan pusat belanja Gardena dan depan Hotel Trio daerah persimpangan Soka. Pihaknya juga menempatkan personel di titik-titik perbatasan, karena diperkirakan selama liburan Kota Magelang akan dikunjungi banyak orang luar daerah. (watie)

ket Gambar:
Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho memimpin Apel Siaga Kesiapan Operasi Lilin Candi 2014,Selasa (23/12) di Alun-alun selatan depan Mapolres. (foto: ch kurniawati)

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply