» » 100 Event Untuk Dukung Program 'Ayo Ke Magelang 2015'

KABARMAGELANG.COM---Sebanyak 100 event sudah disiapkan Pemerintah Kota Magelang untuk mendukung program 'Ayo Ke Magelang 2015'. Event-event ini diharapkan mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisata lokal maupun mancanegara ke kota yang hanya memiliki luas 18 km2 ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Disporabudpar), Hartoko mengatakan, dari 100 event yang sudah disiapkan, ada dua yang dianggap spektakuler yakni Gerebeg Gethuk saat HUT Kota Magelang, April 2015, dan International Olympiade on Astronomy and Astrophysics (IOAA), Agustus mendatang.
Hartoko mengatakan, kegiatan gerebeg gethuk merupakan agenda tahunan yang sudah di gelar sejak beberapa tahun terakhir sebagai puncak HUT Kota Magelang. Namun khusus tahun 2015, akan di kemas dengan lebih menarik.Kalau biasanya gerebeg gethuk diikuti setiap kelurahan , namun khusus tahun ini akan diikuti pula peserta dari daerah lain di Jawa Tengah. Justru Kota Magelang sebagai tuan rumah hanya mengirimkan 3 peserta karnaval.

Untuk Gerebeg Gethuk ini, imbuh Hartoko, akan disaksikan oleh  belasan duta besar negara-negara sahabat. Masing-masing daerah peserta kirab akan unjuk kebolehan di depan para dubes untuk melaksanakan karnaval dengan ciri khas masing-masing.

Sedang untuk  kegiatan IOAA , nantinya akan diikuti oleh 41 negara. Masing-masing negara berhak mengirimkan 12 peserta yang akan dilangsungkan selama 10 hari. "Untuk kegiatan ini, leading sectornya Dinas Pendidikan," kata Hartoko memberi penjelasan. 
Dengan 100 event yang sudah disiapkan, itu berarti setiap bulan dan agenda kegiatan yang sifatnya menarik wisatawan untuk bekrunjung ke Kota Sejuta Bunga ini. 

Ia menargetkan ada kenaikan jumlah wisatawan lokal sebanyak 20 persen dan asing 5 persen dibanding tahun 2014 lalu. Berdasarkan data statistik pengunjung Januari-September 2014, tecatat 97.342 pengunjung domestik, dan 1.640 wisatawan mancanegara pada sektor perhotelan di Kota Magelang. Jumlah itu belum termasuk pengunjung di obyek wisata, seperti Taman Kyai Langgeng, Wisata Kota Toea Magelang, dan event-event lain .

Pencanangan program Ayo Ke Magelang sudah dilakukan pada malam pergantian tahun 2014 ke 2015 lalu di Alun-alun, dilanjutkan dengan pesta kembang api dan penampilan video mapping.

Walikota Magelang Ir Sigit Widyonindito mengatakan, 100 event yang digelar selama 2015 ini berbiaya Rp8,3 M. Beberapa event yang akan dipentaskan antara lain  pentas kesenian, pameran Magelang tempo dulu, prosesi Hari Jadi Kota Magelang dan reli mobil kuno. (watie)

Ket gambar :
Water Toren  yang berada di Alun-alun menjadi salah satu Ikon Kota Magelang. Di  kawasan ini, sebagian besar event yang   untuk program Ayo Ke Magelang akan di gelar. (foto : ch kurniawati) 

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply