» » Batu Akik Menoreh Mulai Dicari Penggemar





           KABARMAGELANG.COM_ Batu alam di lereng Bukit Menoreh mulai dicari untuk  dijadikan batu akik. Budi Ismoyo pengrajin batu akik, warga Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur  mengklaim batu Menoreh memiliki kualitas berbeda dibanding batu daerah lain.
           Budi mengumpulkan batu Menoreh sekitar tiga tahun lalu yang di ambil dari perbukitan Menoreh dan Kali Sileng Borobudur. Enam bulan terakhir Budi mulai memproduksi batu akik dan memasarkan  ke masyarakat dengan harga mulai  Rp 50 ribu sampai seharga Rp 1,5 juta per batu akik.

           "Pembeli batu akik tidak hanya dari warga Magelang namun ada juga dari luar daerah," Katanya.

Beberapa jenis batu Menoreh lanjut Budi, memiliki karakter berbeda-beda  seperti fosil, Untu Bledek, Badar Besi, Sarang Tawon serta bio solar.

            "Batu akik terbaik dihasilkan dari sungai Sileng yang  diselimuti karang tebal. Batunya lebih keras dan mengkristal seperti batu jenis sarang tawon,”Tambahnya.

             Budi Ismoyo yang juga seorang PNS di UPT Pendidikan Borobudur ini siap mengenalkan batu akik asli Menoreh hasil produksinya kepada masyarakat dalam pameran yang akan digelar selama satu bulan di Candi Borobudur dan Hotel Pondok Tingal, mulai Sabtu (18/4) besok.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply