» » Pemugaran Pasar Muntilan Mencapai 95 Miliar




             KABARMAGELANG.COM_Pasar Muntilan akan segera di pugar menjadi tiga lantai. Bupati Magelang dalam sosialisasinya kepada para pedagang di gedung Etalase Potensi Desa Pucungrejo Muntilan Rabu (22/4), menyampaikan pemugaran Pasar akan menelan biaya 95 miliar.

            Dalam sambutanya  Bupati Magelang yang diwakili  Asisten Umum  Drs.Endra Endah Wacana menyampaikan Pemerintah Kabupaten Magelang akan melakukan pemugaran pasar Tradisional Muntilan menjadi tiga lantai, yaitu lantai I ( Basement) area parkir , lantai II untuk dagangan basah dan lantai III untuk dagangan kering. 

           “Pelaksanaan Pembangunan Pasar Muntilan akan di laksanakan secara bertahap yang akan dimulai tahun anggaran 2016 sampai dengan tahun 2018.”Terangnya.

Pemugaran pasar menjadi tiga lantai ini lanjut Inrda, bertujuan selain meningkatkan ekonomi juga untuk menciptakan pasar Tradisional yang bersih serta representatif bernuansa modern. 

            “Hal ini kami rasakan penting karena keberadaan pasar Muntilan begitu besar kontribusinya dalam menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang” Jelas Endra.

             Keberadaan pasar Muntilan  juga dinilai  mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, menjaga stabilitas harga bahan pokok, memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah serta dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.  

             Sementara Kepala Disdagsar Kabupaten Magelang Drs.Asfuri Msi mengatakan, bahwa pembangunan pasar  seluas 21.901 meter persegi ini dibiayai menggunakan APBD Kabupaten Magaelang murni dengan total biaya 95 milyar yang dicadangkan  dari 3 tahun anggaran, yakni tahun anggaran 2016, 2017 dan 2018.

“Inilah salah satu bukti dan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dalam menyejahterakan warga masyarakat Kabupaten Magelang” Tegas Asfuri.

            Terpisah salah satu pedagang Istikomah (60) mengatakan, pemugaran pasar nantinya jangan sampai merugikan para pedagang, baik saat di penampungan maupun di pasar yang sudah jadi nati.”Jangan sampai pemugaran ini justru akan menimbulkan masalah bagi pedagang, konsumen serta Pemerintah sendiri, ,”Tuturnya.

             “Sebelum di mulai pemugaran Pemerintah juga harus belajar dulu dari pembangunan pasar yang sudah terjadi,  jangan  seperti penataan  pasar Tegalrejo, pasar Grabag, dan pasar Rejowinangun, yang memiliki masalah ber larut-larut setelah di bangun ”Tambah Istikomah pemilik kios kelontong ini.
               Deketahui sebelumnya  selama berlangsungnya pembangunan, 3200 pedagang pasar Muntilan untuk sementara akan direlokasi ke pasar sementara mulai akhir tahun 2015 ini,  yang segera  dibangun dengan mengambil lokasi di samping Gedung Etalase Potensi Desa Pucungrejo Muntilan.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply