» » Masjid Peninggalan Pangeran Diponegoro Di Renovasi





NGLUWAR, KABARMAGELANG.com__Masjid peninggalan bekas para pejuang Pangeran Diponegoro di renovasi. Masjid kuno yang berada di Dusun Ngluwar, Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Magelang dan memiliki nilai sejarah tersebut akan di rehap total.

Masjid Besar Baitul Abidin di Dusun Ngluwar, Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar direnovasi total. Masjid kuno ini memiliki nilai sejarah tinggi karena dibangun para bekas pejuang Pangeran Diponegoro.

Takmir Masjid Baitul Abidin Habib Komarudin mengatakan pembangunan dilakukan secara swadaya masyarakat yang di perkirakan akan memakan biaya  Rp 859 juta. Tujan pembangunan  untuk  membesar kapasitas jamaah serta memperkuat konstruksi masjid.

"Kami juga ingin meningkatkan fungsi masjid untuk berbagai kegiatan keagamaan. Karena itu, masjid kami bangun dua lantai. " terangnya.

Habib mengungkapkan, Masjid Besar Baitul Abidin dibangun sebelum tahun  1857 oleh Resonegoro dan Diporejo. Resonegoro merupakan mantan prajurit Pangeran Diponegoro. Ia ikut dalam perang Diponegoro antara tahun 1925-1930 saat melawan tentara Belanda.

"Masjid ini sangat bersejarah karena dibangun mantan pejuang dalam perang Diponegoro. Ini juga menjadi cikal bakal nama Desa Ngluwar karena menjadi titik luar perjuangan Diponegoro," ungkap Habib.(zis) 


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply