» » Teroris Memanfaatkan Teknologi Modern



MUNGKID, KABARMAGELANG.com_Beberapa dekade terakhir  penyebaran dan doktrimisasi ideologi faham terorisme, radikalisme dan faham menyimpangan lainnya,sudah sampai tahap mengkhawatirkan. Cara yang digunakan tidak lagi sederhana, sudah  memanfaatkan teknologi yang modern. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin SH. pada rapat koordinasi pencegahan kelompok terorisme, radikalisme dan faham lainnya, di ruang Bina Karya Pemkab Magelang (12/5).

Menurut Zaenal, hamper semua lapisan masyarakat, telah menjadi target sasaran penyebarannya. Terutama generasi muda dengan usia antara 15 - 30 tahun. "Pada usia tersebut, mereka masih dalam tahap pencarian jati diri dengan tingkat pemikiran dan emosional yang belum stabil, sehingga mudah terpengaruh," jelasnya

Generasi muda,sangat akrab dengan teknologi canggih dan modern sebagai sarana untuk operasional penyebaran faham terorisme, dan radikalisme. "Saat ini, kita bisa melihat kelompok penyebar faham dan ideologi yang menyimpang, seperti salah satunya yang dilakukan ISIS, yang gencar mempengaruhi masyarakat luas,"terangnya.

Zaenal menambahkan, dengan komposisi masyarakat yang begitu hetrogen, mudah  memunculkan potensi sebagai penyebaran faham terorisme dan radikalisme. Maka penanganan permasalahan kelompok terorisme dan radikalisme, memerlukan tindakan yang terkordinasi, sinergis dan saling mendukung antara aparat pemerintah,dan  penegak hokum serta masyarakat.

"Untuk itu mari kita tingkatkan koordinasi, komunikasi, konsolidasi serta sinergisitas antar unsur aparat pemerintah, aparat penegak hukum, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mensikapi perkembangan, situasi dan permasalahan khususnya di Kabupaten Magelang," harap Wakil Bupati.

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah dan menangkal perkembangan kelompok radikal tersebut, tentu dengan melakukan deteksi dini, “Laporan yang cepat dan akurat, kepada aparat penegak hukum dan pemerintah, serta tindakan yang komprehensif dan rasional. dari masyarakat sangat penting,”pungkas Zaenal.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply