» » Pertamina Gelar Operasi Pasar Antisipasi Kelangkaan Gas Melon



KABARMAGELANG.com_Untuk meminimalkan kelangkaan dan melonjaknya harga gas elpiji 3 kilogram di wilayah Kabupaten Magelang, PT Pertamina  melakukan operasi pasar (OP) di empat kecamatan yakni Sawangan, Tegalrejo, Pakis dan Candimulyo baru-baru ini.  Sedikitnya 1.680 tabung gas melon dialokasikan ke  konsumen langsung yakni rumah tangga dan usaha kecil. 

 Sales Eksekutif PT Pertamina Region IV Cabang Jogjakarta Fahmi yang memantau langsung di lapangan mengatakan, operasi pasar ini diakuinya baru pertama  kali dilakukan di wilayah Magelang, dengan harga sesuai dengan edaran Surat Keputusan (SK) Harga Eceran Tertinggi (HET) Gubernur Jawa Tengah.

 ”Kami menjual elpiji Rp15 ribu per tabung. Sebanyak 1.680 tabung untuk empat kecamatan, yakni Kecamatan Sawangan dan Candimulyo masing-masing 560 tabung dan  Tegalrejo serta  Pakis masing-masing 280 tabung,” katanya saat memonitor OP di Kecamatan Sawangan.

 Fahmi enggan menyebutkan  bila di Kabupaten Magelang sudah terjadi  kelangkaan. Tetapi pihaknya mengakui jika  harga elpiji melon sudah ada yang mencapai Rp.22 ribu per tabung.

 ”Kelangkaan itu jika benar-benar barangnya tidak ada. Kalau ini hanya aga sulit dicari. Bahkan kami  pada Maret lalu menambah hingga  6,5 persen dari biasanya. Kalau mahal itu masalahnya ada di  pengecer,” tururnya.

 Sementara  Koordinator Agen 3 kilogram se eks Karisidenan Kedu Budi Santoso, mengatakan saat ini gas melon agak sulit dicari. Ada beberapa faktor penyebabnya.

 ”Menjelang puasa banyak usaha mikro penganan pindah  dari 12 kilogram ke 3 kilogram, kemudian masyarakat yang biasanya  memakai kayu bakar namun pada musim  hujan banyak yang  beralih menggunakan  gas melon,” jelas Budi yang juga pemilik agen Gas elpiji di Kecamatan Grabag ini.

             Terpisah Lasmini, salah satu warga di  Sawangan mengaku senang dengan digelarnya OP meskipun hanya di jatah  dua tabung per KK. ”Sudah 10 hari terakhir sulit mendapatkan gas. Terpaksa harus mencari di pasar  Talun Kecamatan Dukun, itupun harganya  Rp. 22 ribu per tabung,”keluhnya. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply