» » Ratusan Lapak Forum Pedagang Lesehan Borobudur Dibongkar Paksa



BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Ratusan lapak pedagang yang tergabung dalam Forum Pedagang Lesehan (Forples) di Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) dibongkar. Meski mendapatkan teriakan bernada kesal dari para pedagang yang belum sempat mengamankan barang daganganya, ratusan  petugas dari TWCB tetap membongkar lapak mereka dengan paksa. Dalam pembongkaran tersebut ratusan aparat gabungan Polri/TNI di kerahkan (12/6).

Wakil ketua Forples Main menyesalkan atas pembongkaran lapak milik ratusan pedagang ini. Pihaknya mengaku masih belum ada kesepakatan resmi dengan pihak TWCB. “Kami memang sudah menerima surat peringatan dua kali. Tetapi yang kami inginkan sebenarnya kesepakatan dulu di lapangan,”jelasnya.

“Beberapa hari yang lalu pengurus Forples sudah berupaya untuk berkomunikasi dengan pihak TWCB, namun setelah kami tunggu perwakilan dari TWCB tidak ada yang hadir,”terang Main.

Terkait lapak sementara yang disediakan untuk pindah, pihak Forples tetap menialai tidak layak untuk berdagang, selain sempit juga dimungkinkan tidak mencukupi untuk para pedagang Forples yang jumlahnya 605. “Dengan kondisi seperti ini, kami sepakat untuk tidak menempati di lapak sementara demi kebersamaan,”ungkapnya.

Main menambahkan, Forples masih menunggu ketusuan selanjutnya dari Pihak TWCB, serta sambil berkoordianasi dengan pengurus. “Seandainya tidak ada lagi keputusan dari TWCB, kami akan tetap membuka lesehan di sini meskipun tidak ada lapak,”katanya.

“Namun jika menggelar lesehan di sini juga tidak di perbolehkan, ya apa boleh buat kami akan kembali seperti semula, yakni mengasong,”tegas Main.

Sementara Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan Unit TWCB, Aryono Hendro Maliyanto, menilai sikap Forples menolak di relokasi ke los penampungan sementara adalah hak mereka. "Pembongkaran ini procedural dan sudah melalui beberapa tahapan. “tandasnya.

Kabag Operasional Polres Magelang, Kompol Indi WTP menegaskan, kami menerjunkan 150 aparat gabungan TNI/Polri untuk pengamanan pembongkaran. "Kami dari pihak kepolisian dan jajaran TNI hanya mengamankan jalannya pembongkaran saja agar tak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Apalagi di sini, merupakan tempat yang terdapat banyak aset wisata berskala internasional," jelas Indi.(zis)





.


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply