» » 15 Hektar Hutan Gunung Sumbing Ludes Terbakar




KALIANGKRIK, KABARMAGELANG.com__Diduga ulah manusaia yang akan membuka lahan, hutan di Gunung Sumbing terbakar. Sedikitnnya 15 hektar hutan yang berada di wilayah Kabupaten Magelang tersebut ludes dilalap api Sabtu (5/9) siang.

Kepala Resor Pemangku Hutan (RPH) Mangli Wilayah Kedu Utara  Anwar Sanusi mengatakan,  dugaan  masih ada perumput yang berniat membuka lahan dengan cara membakar hutan. 

“Masih ada perumput yang suka membuka lahan baru dengan cara membakar hutan. Anggapan mereka,  dengan membakarnya terlebih dahulu,  rumput akan tumbuh lebih bagus,” jelas Anwar.

Anwar menambahkan, kebakaran juga bisa terjadi,  akibat perbuatan pendaki yang lalai dan tidak mematikan api unggun atau puntung rokok, sebelum mereka turun gunung. 

“Kami akan melaporkan siapa saja,  yang menyebabkan hutan ini terbakar ke pihak berwajib," tegasnya.

Sedikitnya 15 hektar lahan semak belukar di bawah puncak Gunung Sumbing wilayah Kecamatan Kaliangkrik Magelang terbakar Sabtu siang (5/9). Petugas Perhutani dibantu sejumlah relawan dan warga sekitar  berupaya melakukan pemadaman dengan manual menggunakan alat sederhana. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply