» » Harga Anjlok Drastis Petani Membuang Cabai Di Tengah Jalan




MAGELANG, KABARMAGELANG.com__Anjloknya harga cabai membuat puluhan petani lereng merapi tepatnya  petani cabai Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Magelang marah Senin (12/10). Puluhan petani tersebut terpaksa membuang hasil panennya ke tengah jalan, bahkan mereka  berame-rame mencabut tananman cabainya untuk di bakar meskipun masih berbuah.

Salah satu petani Nur Waluyo mengatakan, bahwa para petani cabai di wilayahnya sejak sebulan terakhir terus mengalami kerugian yang sangat drastis, bahkan sekarang harga cabai dari petani turun menjadi Rp. 5000 per kilonya. “Bulan kemarin harga cabai bisa mencapai Rp. 50.000 per kilonya, sekarang hanya Rp.5000, “katanya.

“Padahal kami telah mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk pembelian pupuk dan obat-obatan, agar tanaman cabai bisa bagus, “ungkap Waluyo.

Waluyo membeberkan, untuk menutup modal yang telah di keluakan petani, bisa tercapai klo harga per kilonya minimal Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-. Dengan asumsi untuk mendapatkan 1kg cabai, para petani harus memetik dua pohon cabai. “Padahal 1 batang pohon cabai sampai bisa panen memerlukan biaya Rp.7500, rata-rata para petani mengalami kerugian hingga belasan juta ,  “urainya.

“Kalau sekarang per kilo hanya laku Rp.5000, untuk menutup biaya 1 pohon saja tidak cukup, belum lagi dengan biaya tenaga untuk memanen yang perharinya 1 orang tenaga sudah mencapai Rp. 50.000,-, “beber Waluyo.

Sementara salah satu pedagang cabai  Kholil, mengaku mengalami kerugian yang sangat besar akibat anjloknya harga cabai sejak sebualan terakhir. Sebagai pedagang dia telah membeli dengan harga yang mahal. “Tiba-tiba harga cabai merosot drastis, tentu ini sangat merugikan, “terangnya.

“Kami berharap pemerintah mau mendengar apa yang dirasakan petani saat ini. Apa artinya pemerintah menggembar-nggemborkan agar bisa swasembada pangan jika hasilnya seperti ini. Kasihan para petani jika harus terus merugi, “pungkas Kholil ynag mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta ini. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply