Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » HUT PBB 20 Ribu Watt Cahaya Biru Terangi Borobudur





BOROBUDUR_KABARMAGELANG.com__Peringati HUT PBB ke 70,  Candi Borobudur Kabupaten Magelang sinari separo bangunan candi dengan kekuatan 20 ribu watt menggunakan cahaya biru selama 2 jam Sabtu (24/10) malam. Selain Borobudur ada 150 monumen di seluruh dunia yang juga dihiasi cahya biru.

Kepala Unit Borobudur Chrisna Murti Adiningrum, mengatakan penyinaran dengan cahaya biru yang berkekuatan 20 ribu watt,  pihaknya harus menyiapkan secara khusus. Ada 10 titik lampu yang menerangi Borobudur selama 3 jam ini.  "Kami sangat bangga Candi Borobudur menjadi salah satu bagian dari 150 monumen di dunia yang disinari warna biru,"jelasnya. 

Penyinaran warna biru berlangsung selama dua jam, yakni pukul 19.00 WIB hingga 21.00 malam. Penyinaran ini, hanya dilakukan di sisi barat candi. ”kata Chrisna. 

Chrisna menuturkan di Indonesia ada dua tempat yang ditunjuk Kementerian Luar Negeri untuk menyinari bangunan dengan warna biru, yakni Candi Borobudur dan Monumen Nasional (Monas). Ia berharap dengan kegiatan ini Candi Borobudur semakin dikenal di dunia dan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur.

"Alhamdulillah penyinaran warna biru bisa terwujud meskipun hanya dilakukan di bagian sisi barat saja, “tuturnya.

Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo mengatakan dengan dipakainya Candi Borobudur sebagai media Hari PBB tentu sebagai bangsa Indonesia merasa bangga karena salah satu karya budaya bangsa Indonesia diakui oleh dunia internasional.

"Hal ini tentunya akan mengangkat kebesaran bangsa Indonesia di tengah-tengah pergaulan dunia. Selain itu juga semakin mempromosikan Candi Borobudur sebagai salah satu Warisan Dunia,"tandasnya.(zis)








About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply