» » Sumpah Pemuda Karang Taruna Kampanyekan Konservasi Alam





SAWANGAN, KABARMAGELANG.com__Peringati Hari Sumpah Pemuda,  Karang Taruna Desa Butuh, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang melakukan kampanye konservasi alam dengan menebarkan 1,5 kwintal ikan berbagai jenis, melepas burung, dan penghijauan disekitar bantaran sungai. Hal ini mereka lakukan sekaligus sedekah bumi merti desa, Rabu (28/10). 

Ketua Panitia Wibowo Agus Santoso mengatakan, tujuan dari kegiatan ini, selain kampanye pelestarian alam dan memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga untuk memberikan contoh kepada generasi muda khususnya anak-anak. 

Karena ini peringatan sumpah pemuda maka seluruh pesertanya kebanyakan dari pemuda. Namun yang menarik, seluruh panitia memakai busana jawa. “Ini sesuai tema kegiatan kami, yakni melestarikan lingkungan hidup dengan kearifan budaya lokal. Maka  kegiatan konservasi alam, kami berbusana jawa, ”katanya.

“Kegiatan ini sudah kita sejak tiga tahun lalu. Hanya dua tahun lalu, digelar tidak bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda. Untuk kampanye pelestarian alam, belum kami masukkan. Kebetulan, tahun ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, " jelas Wibowo.

Dalam kesempatan ini, panitia menebarkan 1,5 kwintal ikan jenis nila, melem, tawes dan ikan emas, yang sebagaian diantaranya merupakan sumbangan dari UPT Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang. Untuk burungnya, dipilih burung trocohan, tilang, kapasan, manyar dan lainnya, karena sudah mulai langkat diwilayahnya. Sedang untuk tanaman meliputi jenis gayam sebanyak 200 batang, di tanam di bantaran sungai Manyu dan Dadar yang masih berada di wilayah Desa Butuh. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply