» » Tekan Golput, Gandeng Relawan Demokrasi




MAGELANG, KABAR MAGELANG.com- Banyak upaya dilakuakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang untuk meningktakan partisipasi pemilih atau menekan angka golongan putih (golput) dalam pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) yang akan di gelar pada bulan Desember mendatang, diantaranya dengan menggandeng relawan demokrasi.
Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Sosialisasi, Singgih Hardjanto mengatakan, tujuan dibentuknya relawan ini untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilwakot Magelang 2015.
"Keberadaan relawan di  masing-masing  kelurahan dan kecamatan kami harapkan bisa berjalan efektif untuk mensukseskan partisipasi warga  menggunakan hak pilihnya. Terutama saat pencoblosan," kata  Singgih, Kemarin. 
Dijelaskan lebih lanjut  Singgih, tugas dan fungsi relasi dalam pemilu kali ini,  lebih difokuskan kepada peningkatan partisipasi masyarakat khususnya pada daerah yang angka partisipasinya rendah.
"Berbeda saat pemilihan presiden (pilpres), relawan demokrasi terbagi dalam lima segmen, yakni; marginal, pemilih perempuan, agama, disabilitas dan pemula. Intinya mengajak kelima segmen tersebut untuk memilih. Namun pada kali ini tidak ada pembagian segmen tetapi langsung diterjunkan di daerah yang memang angka partisipasi masyarakatnya rendah," jelas Singgih.
Sementara itu, Direktur Lembaga Demokrasi Peduli Pemilu (LDPP) Kota Magelang Slamet Rochim mengapresiasi langkah KPU Kota Magelang membentuk dan merekrut relawan demokrasi dalam gelaran Pilwakot 2015.
“Saya berharap relawan demokrasi ini bisa benar-benar berjalan optimal, tidak sekedar untuk pelengkap semata. Memang, diakui atau tidak, jika hanya mengandalkan SDM KPU saja, SDM terbatas, jangkauanya kurang maksimal, informasi tahapan Pilwakot belum tentu sampai ke arus bawah,” paparnya.
Menurut Rochim, walau tahapan pilkada sudah berjalan, tidak sedikit warga Kota Magelang yang belum mengetahui para pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Magelang. “Itu bukti bahwa sosialisasi yang dilakukan KPU belum maksimal,” pungkasnya. (az). 

About Kabar Magelang AZ

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply