» » WISUDA UNTIDAR Ke-4; Tekankan Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Perdesaan

MAGELANG, KABAR MAGELANG.com- Universitas Tidar (Untidar) Magelang kembali meluluskan 148 mahasiswa, yang terdiri dari jenjang diploma 24 orang dan sarjana 124 orang. Wisuda ke-4 sejak menyandang status perguruan tinggi negeri (PTN) ini berlangsung di Semanggi Ballroom Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang, Sabtu (17/10) lalu.
Rektor Untidar Prof. Dr. Cahyo Yusuf menyampaikan, Indonesia membutuhkan ilmuan dengan program pendidikan S1, S2, S3  dan membutuhkan tenaga terampil dengan program pendidikan diploma, mulai D1, D2, D3 dan D VI, serta membutuhkan pelaku usaha. Akademik, vokasi dan wirausaha harus mempunyai nilai-nilai kearifan.
“Dalam kerangka berfikir inilah, Untidar selalu menformula kulikulum dengan mencakup sisi kognisi, psikomotor serta afeksi sesuai dengan disiplin ilmu kewirausahaan, kurikulum yang dirancang adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), yang meliputi kompetensi kecakapan yang dirumuskan bermuatan instutisional, regional, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA),” tutur Sang Rektor.
Lanjut Cahyo, masyarakat tertentu, terutama masyarakat desa membutuhkan sentuhan oleh akademisi tentang nilai-nilai keilmuan, ketrampilan, sikap dan wirausaha sehingga mereka mampu bisa lebih memberdayakan potensi desanuya. Oleh sebab itu,. “Kedepan Untidar fokus pada pengembangan kewirausahaan dan pembangunan perdesaan,” tandasnya dihadapan para wisudawan dan orang tua wali.
Prof Cahyo menambahkan, Untidar terus menunjukkan prestasinya melalui program kreatifitas mahasiswa (PKM), ada dua karya mahasiswa yang lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Univesitas Pattimura Kendari dari tanggal 5-9 oktober 2015, diantaranya karya Muhamad Igbal, Sinta Putri Karunia  dan Chusnul Amaliah dengan Budidaya Tanaman Durian Petruk Asli Indonesia Multi Kaki serta karya Eko Suliyanto, Aris Priyatmono, Kustiman Susilo dan Bagas Dwi Prakoso, dengan temuanya Si Catulit; Mesin Pemecah Batu Penghasil Split, Portable Stone Crusher dengan Metode Gearbox yang hemat energy.
Selain segi akademik. Ada juga kegiatan fenomenal non akademik yang akan dilaksanakan, yakni pembuatan hutan kota dan etalase tanaman herbal. “Dengan terobosan dan prestasi ini, semoga bisa menjadi daya tarik pihak lain berkunjung atau bekerjasama dengan Untidar,” pintanya.
Dalam wisuda kali dinobatkan sebagai wisudawan terbaik adalah Herdianti Rahajeng dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) Program studi Pendidikan dan Sastra Indonesia dengan IPK 3.78 Cumlaude. Sedangkan wisudawan terbaik di masing-masing fakultas adalah; Fakultas Ekonomi Pembangunan diraih oleh Dimas Aditya Prabowo, FKIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diraih Herdianti Rahajeng.

Sedangkan untuk FKIP Pendidikan Bahasa Inggris diraih Himmatul Ngaliyah, Fakultas Pertanian Agroteknologi diraih Devi Suci Yovanti, Fakultas Teknik Mesin diraih Aris Priyatmoko, Fakultas Ekonomi Akuntansi D III diraih Antonius Anas Djati Nugroho dan Teknik Mesin D III disabet oleh Ignasius Vidi Cahya Putra. (az). 

About Kabar Magelang AZ

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply