» » Pelatihan Revolusi Mental Pertama di Lingkungan Polda Jateng; Polisi Harus Bersih

MAGELANG, KABAR MAGELANG.com- Jajaran Polres Magelang Kota bertekad mewujudkan instansi Polri yang bersih. Untuk membekali para anggotanya pihaknya menggelar acara pelatihan revolusi mental. Kegiatan tersebut diikuti 135 peserta yg terdiri dari para perwira dan bintara yang menduduki jabatan perwira dilingkungan Polres Magelang Kota, acara tersebut digelar selama tiga hari, mulai hari Jumat-Minggu, (16-18/10) di aula Mapolres setempat.
Kapolres Magelang Kota AKBP Edi Purwanto menuturkan, maksud dan tujuan pelatihan ini, sebagai tindak lanjut dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo nomor 8 yaitu; perubahan karakter bangsa, juga merupkan program Polri yang dituangkan dalam quick wins Polri nomor 6 yakni;
polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.
Edi menjelaskan, acara dipandu oleh lima trainer dari perwira di lingkungan Polres Magelang Kota. Para trainer tersebut adalah para perwira yang sebelumnya mendapatkan pelatihan terlebih dahulu di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang selama 12 hari, dari dari tanggal 28 September s/d 9 Oktober 2015 yang digembleng langsung oleh  master dari Mabes Polri.
Kelima orang yang terpilih itu diantarnya; Wakapolres Magelang Kota Kompol Rudy Cahya Kurniawan, Kabag Sumda Kompol Jumiati, Kapolsek Magelang Utara Kompol Sugimin, Kasat Sabhara AKP Ngadisa, dan Kanit Laka IPDA Anas Syarifudin. “Setelah mendapat pembekalan materi revolusi mental dari Mabes Polri, kita (Polres Magelang Kota, red) langsung bergerak cepat menularkam ilmu tersebut ke seluruh anggota dengan pelatihan serupa. Polres Magelang Kota merupkan yang perta menggelar pelatihan revolusi mental di jajaran Polda Jateng,” tutur Edi Kepada KABAR MAGELANG.com, Kemarin.
Wakapolres Magelang Kota Kompol Rudy Cahya Kurniawan yang juga bertindak sebagai trainer menuturkan, ada 9 materi pelatihan tau pembelajaran yang disampaikan ke peserta, diantaranya; (1) Neuro Associative Conditioning (NAC), (2) Inter Personal Skill (IPS), (3) Pendidikan Budaya Anti Korupsi, (4) Dua belas nilai karakter kebhayangkaraan, (5) Berdaulat dalam bidang politik (nilai kewargaan dan nilai dapat dipercaya), (6) berdikari dalam bidang ekonomi ( nilai mandiri dan nilai kreatif).
Adapun materi yang ke (7) Kepribadian dalam berbudaya (nilai gotong royong dan nilai saling menghargai), (8) action plan (rencana aksi) dalam tugas polri dalam hidup bermasyarakat dan (9) Implementasi dari action plan tersebut secara nyata di kehidupan sehari-hari dan dalam pelaksanaan tugas polri. “Dalam pelatihan ini dikemas dengan menarik atau tidak monoton, dengan  memperbanyak game (permianan), metode pembelajaran secara andragogik (pembelajaran dua arah) dengan diskusi, tanya jawab, edutainment, praktek lapangan dan implementasinya,” terang Rudy.
Dikatakan lebih lanjut oleh Rudy, selama tiga hari kemarin, dihari pertama Jumat (16/10) peserta lebih ditekankan pendalaman materi, sedangkan di hari kedua, Sabtu (17/10) para peserta melakukan implementasi nilai revolusi mental sebagai anggota polri dalam menjalankan tugas sehari-hari dan  untuk hari ketiga, Minggu (18/10) melakukan implementasi nilai revolusi mental sebagai anggota masyarakat di tengah-tengah masyarakat atau praktek langsung di masyarakat.
“Untuk  penekanan dan pendalaman materi supaya benar-benar dijiwai oleh para peserta, saya meminta masing-masing peserta untuk merenungkan dan menyusun master plan sesuai tugas dan fungsinya, supaya citra Polri kedepan makin baik dan kepercyaan masyarakat semakin tinggi,” tutur pria yang mempunyai keahlian hipnoterapi investigasi ini.
“Saya membayangkan dan mempunyai impian di Satreskrim Polres Magelang Kota benar-benar bersih, jangan sampai ada anggota yang memanfaatkan momen dengan jualan kasus, kita harus berkomintmen untuk jangan sekali-kali menerima sogokan (suap), Sekali lagi, saya katakan, jangan sekali-kali bermain-main dengan jualan kasus,” kata Kasatreskrim Polres Magelang Kota AKP Herie Purwanto dengan semangat membara. (az). 

About Kabar Magelang AZ

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply