» » Ratusan Umat Katolik Lereng Merapi Rayakan Natal Tani Di Atas Jembatan




                         “Pesan yang di sampaikan adalah Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah


DUKUN, KABARMAGELANG.com__Ratusan umat Katolik lereng Gunung Merapi, menggelar misa kudus untuk merayakan Hari Natal 2015 dengan mengemas rangkaian prosesi dan peribadatan bernuansa petani. Uniknya perayaan ini dilaksanakan di atas jembatan sabo dam kali Lamat Dusun Tangkil, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Magelang Jumat (25/12).

Sebelum misa kudus dari ketinggian 25 meter di atas jembatan tersebut, ratusan umat Katolik diajak menyaksikan teatrikal yang di perankan oleh kelompok Happening Art yang menggambarkan kesibukan masyarakat se hari-hari.  Kelompok miniatur ini sebagai pencerminan kehidupan masyarakat seperti orang pencari pesugihan, pencari batu dan pasir, pencari ikan, pencari rumput, serta pencari air dari sumber yang di dalamnya acap kali terjadi konflik baik tebuka maupun secara sembunyi.

“Gambaran teatrikal ini masyarakat diajak untuk sadar akan keutuhan ciptaan yang harus di jaga, keutuhan relasi dengan Allah dengan manusia yang harus di pelihara, dan sanggup menjadi pembawa berkat bagi sesama anggota keluarga Allah, “jelas Tarsisius Sutarno salah satu panitia perayaan natal Desa Ngargomulyo.

Sementara Romo Matheus Sukmawanto Pr, sebelum memimpin misa menegaskan bahwa kelahiran Yesus Kristus ke dunia tidak lain ialah wujud nyata berkat Allah Maharahim yang luar biasa. Berkat tersebut semakin konkrit lagi dalam segala ciptaan-Nya. “Gunung merapi yang memberi kesuburan tanah serta air yang melimpah. Itulah berkat yang dirasakan setiap hari oleh masyarakat, “tuturnya.

Dia menambahkan kehadiran Yesus Kristus ke dunia menjadi perantara Allah dengan manusia beserta seluruh ciptaan-Nya, agar relasi Allah dengan manusia yang telah rusak akibat dosa, dipulihkan. “Relasi manusian dengan manusia terjaga keharmonisanya. Inilah yang dalam Misa Natal Tani ini disimbolkan dengan memilih jembatan sebagai tempat misa, “terang Romo Matheus.

Dipimpin Rm, Matheus Sukmawanto Pr, Rm Aloysius Martoyoto Wiyono Pr, dan Rm Hemanus Sigit Pawanta, perayaan Natal di lanjutkan  dengan pemberkatan air, batu, pasir, ikan , rumput dari kali Lamat kemudian di sebar kembali ke kali Lamat sebagai simbol “Berkat Untuk Semua Ciptaan-Nya”. Dan di teruskan  dengan Misa kudus di atas jembatan dengan persembahan roti anggur sebagai simbol bahan pokok Ekaristi beserta hasil bumi seperti padi, kelapa, pisang, dan sayur mayur. Sebelum berkat penutup dilaksanakan pemberkatan nasi bungkus sebagai wujud syukur atas berkat Tuhan. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply