» » Gadis Cantik Cacat Pandai Membatik




SECANG, KABARMAGELANG.com__ Memiliki keterbatasan fisik  tak harus membuat dirinya merasa  rendah, bahkan hasil karyanya memiliki nilai jual hingga jutaan rupiah. Sinta Dewi Ranti (23), warga Dusun Sawahan, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang Magelang, meski menderita cacat tuna rungu dan tuna wicara,  gadis cantik ini ternyata pandai membatik. Hasilnyapun tidak kalah dengan batik-batik yang sudah terkenal.

Anak pertama dari empat bersaudara pasangan Suranto (51) dan Dwi Suswanti (51) ini adalah lulusan  sebuah  SLB di Magelang tahun 2011 lalu. Selepas dari SLB dia sempat jatuh bangun dalam berkarya. Dari membuat berbagai, soufenir, dan gantungan kunci, pernah ia tekuni namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya memutuskan untuk bekerja ikut pengusaha batik di Magelang, namun lagi-lagi ia gagal karena hasilnya tidak seimbang dengan karyanya.

“Sinta sangat kecewa dan keluar dari kerja, setelah mengetahui hasil batik karyanya di jual dengan harga sangat mahal,  pernah ada yang laku Rp.2,5 juta satu potong, dan dia hanya di bayar sekedarnya, bahkan pernah tidak di bayar, “ungkap Dwi Suswanti ibu kandung Sinta.

Dwi mengatakan sejak keluar dari kerjanya pertengahan 2014 yang lalu, dia mencoba membatik sendiri di rumah dengan modal yang sangat kecil. Dia juga menyebutkan, meskipun belum besar tetapi sudah ada beberapa jenis  batik yang sudah dia ciptakan.  “Seperti truntum jagat, sulur-sulur, ketela, kupu-kupu, cempaka, dan bunga crubung, “terangnya.

Dia menambahkan batik-batik anaknya sampai saat ini penjualanya masih sebatas di titipkan kepada para pengusaha batik karena di rumah belum di kenal orang. “Untuk harga mulai dari ratusan ribu hingga satu  jutaan rupiah, tergantung dari motif, jenis bahan, dan lamanya pengerjaan, “jelasnya.


Sementara sang ayah Suranto mengaku, usaha anaknya tersebut masih memerlukan modal yang cukup,  karena untuk membuat batik baru dia masih  menggantungkan dari terjualnya batik yang laku. “Kami berharap pemerintah bisa membantu permodalan dan pemasarannya, “harapnya, (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply