» » Tanah Retak Sedalam 6 Meter Ancam Pemukiman



SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Tanah retak mengancam 13 rumah di Dusun Dawungan, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman. Selain bangunan fisik rumah warga, tanah retak juga mengancam jembatan penghubung antar dusun. Warga khawatir, tanah retak ini akan semakin meluas mengingat kedalaman rekahan sudah mencapai 6 meter.

Tanah retak menjalar dari utara ke selatan. Rekahan paling lebar berkisar 30 cm dan panjang sekitar 70 meter. Selain mengancam rumah dan jembatan, kondisi ini menyebabkan pepohonan di sekitar dusun itu juga miring. Bahkan rekahan tanah mengarah ke sungai di dusun tersebut.

Supriyanto warga sekitar mengatakan, rekahan tanah di beberapa titik  ini mulai ada sejak tiga tahun lalu. Kini keadaanya semakin melbar dan memanjang.

“Sekarang lebarnya sudah 30 cm, dan panjang mencapai 70 cm. Warga sudah mencoba menutupi rekahan tanah namun rekahan semakin melebar,” katanya Senin (25/1).

Dia menyebutkan saat ini  sedikitnya  13 rumah warga kondisinya terancam.  Bahkan sudah ada beberapa rumah yang sudah dilalui rekahan. “Temboknya sudah kelihatan retak-retak,” terang Supriyanto.

Salah satu warga lain Sujito, mengaku  dirinya telah mengukur kedalaman dengan memasukkan sebatang bambu sepanjang 6 meter ke dalam rekahan. “Bambu sepanjang itu masuk semua bahkan masih kurang panjang, “akunya.

Sujito menambahkan,  kini warga mulai  merasa was-was, dan selalu waspada  terutama saat turun hujan. “Kami berharap pemerintah memperhatikan dan segera mengatasi kondisi ini, “harapnya.(zis)

 

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply