» » BPJS Kesehatan Cabang Magelang Buka Posko Pengaduan



 
MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang Magelang, membuka posko pemantauan dan penanganan distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) - Penerima Bantuan Iuran (PBI) di kantor BPJS. Posko tersebut juga sebagai wadah pengaduan permasalahan yang muncul di masyarakat terkait BPJS.

“BPJS kesehatan sudah 100 persen mendistribusi KIS - PBI melalui pihak ketiga yakni PT Pos, JNE maupun mitra BPJS kesehatan lainnya, “jelas Kepala Cabang BPJS Kesehatan Magelang, Surmiyati dalam konferensi pers saat pembukaan posko pengaduan di kantor BPJS Pakelan Magelang Pakelan Mertoyudan (6/2).

Dia mengatakan bahwa keberadaan posko ini, juga untuk memastikan apakah KIS - PBI sudah sampai atau belum ke peserta eks Jamkesmas sesuai dengan data masterfile. “Posko ini juga sebagai langkah antisipasi dalam pemberian pelayanan bagi peserta KIS - PBI,” jelas Surmiyati.

Surmiyati, menegaskan pada tahun 2015 kemarin jumlah peserta KIS - PBI ada 86,4 juta jiwa. Sedangkan tahun 2016 ini, dari 86,4 juta jiwa itu terdapat 1,7 juta jiwa tidak lagi berhak mendapatkan bantuan iuran pada tahun ini. Hal itu diperkuat SK Menteri Sosial Nomor 170/HUK/2015. “Peserta itu diantaranya pindah domisili, meninggal dunia dan sudah dinyatakan mampu,”terangnya.

Dia meminta kepada masyarakat yang namanya sudah dinon aktifkan sebagai peserta KIS - PBI untuk menjadi peserta JKN-KIS non PBI dengan mendaftarkan diri ke kantor BPJS kesehatan setempat dan membayar iuran secara rutin setiap bulannya. 

“Bagi pemegang KIS yang sudah dinon aktifkan,  agar tetap menyimpannya, karena KIS tersebut akan  digunakan kembali setelah mendaftar sebagai peserta JKN-KIS non PBI dan gratis. Jika ada permasalahan jangan ragu untuk datang ke posko pengaduan, “tutur Surmiyati.

Diketahui jumlah peserta KIS - PBI di wilayah kantor cabang Magelang meliputi Kota dan Kabupaten Magelang serta Temanggung, pada akhir tahun 2015 sebanyak 799.773 juta. Dimana Kota Magelang 27.103 jiwa, Kabupaten Magelang 480.702 dan Temanggung sebanyak 291.968 jiwa. Sedang di tahun 2016 ini, mencapai 854.708 jiwa, yakni Kota Magelang 28.593 jiwa, Kabupaten Magelang 513.993 jiwa dan Temanggung 312.122 jiwa.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply