Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kementrian Pariwisata Canangkan Gerakan Sadar Wisata Dan Aksi Sapta Pesona Di Ketep Pass



SAWANGAN, KABARMAGELANG.com__Kementrian Pariwisata RI canangkan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona di Ketep Pass Jumat (11/3). Dalam kegiatan tersebut ratusan pelaku wisata di Kabupaten Magelang, mulai dari pengusaha perhotelan, home stay, pengrajin, pengelola desa wisata, biro perjalanan dan pedagang, membersihkan objek wisata dengan latar belakang Gunung Merapi tersebut.

Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementrian Pariwisata RI, Dra Oneng Setya Harini MM, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah yang menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di tahun 2019 mendatang. “Pada tahun 2015 kemarin baru dikunjungi sekitar 260 juta wisnus. Sedang untuk wismannya, baru 12 juta,” katanya.

Untuk merealisasikan target tersebut, masyarakat khususnya para pelaku wisata harus disiapkan menjadi tuan rumah yang baik. Dimulai dari hal-hal kecil, seperti membuang sampah ditempatnya, menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan. Kemudian bersikap ramah, murah senyum dan lainnya. :Dengan gerakan ini, kita harapkan para pelaku wisata mulai sadar akan pesona wisata. Mereka harus menjadikan sapta pesona sebagai budaya,” tegas Oneng.

Oneng juga menyebutkan, bahwa pemerintah telah menetapkan 10 destinasi prioritas untuk dikembangkan. Salah satunya adalah Candi Borobudur. Indonesia sendiri berada di urutan 70 dari 141 negara pada tahun 2014 lalu. Dan di tahun  2015 kemarin sudah naik ke urutan 50 besar. “Beberapa indikator indek daya saing itu adalah kebersihan, kesehatan dan lingkungan, ”terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magelang, drs Edy Susanto menyambut baik gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona tersebut. “Kami menyambut baik gerakan ini. Kami berharap, gerakan ini menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat terutama para pelaku wisata,”tandasnya.(zis)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply