» » Belasan Rumah Disapu Angin Puting Beliung

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Belasan rumah di Dusun Nglerep, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, disapu angin puting beliung, Senin (25/4), petang. Satu rumah milik Laksmiyatun (49) mengalami cukup parah karena tertimpa pohon tumbang. Warga dibantu petugas BPBD, TNI, dan Polri bergotong royong membenahi genting rumah yang berhamburan.

Salah satu warga Makmur (52) menyebutkan sebelum terjadi angin puting beliung tepatnya pukul 16.30 wib, ada keanehan yang terjadi di Dusun tersebut. Ribuan capung tampak berterbangan bergerombol selama beberapa menit.  Setelah capung pergi tiba-tiba terjadi hujan dan angin puting beliung yang sangat kencang. “Banyak genting milik warga berhamburan. Bahkan ada satu rumah rusak parah karena tertimpa pohon tumbang, “ungkapnya Selasa (26/4).

Dia mengatakan saat kejadian banyak warga yang panik dan keluar rumah. Kemudian dia menyampaikan informasi kejadian  tersebut kepada kominitas relawan melalui HT. Tidak beberapa lama relawan dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang tiba di lokasi. “Setelah angin reda warga dan relawan, BPBD, dibantu anggota TNI dan Polri langsung membersihkan ranting pohon yang menimpa genting, “ujar Makmur yang juga anggota relawan ini.

Sementara Laksmiyatun yang rumahnya paling parah tertimpa pohon rambutan, menjelaskan saat kejadian dirinya baru saja menyetrika. Dan saat akan beres-beres pakainan, tiba-tiba dia merasakan adanya pecahan tembok mengenai tubuhnya.

“Waktu saya keluar, tahu-tahu rumah saya dibagian kamar tidur sudah tertimpa pohon. Saya langsung berteriak minta tolong, tetapi ternyata rumah tetangga juga gentingnya pada jatuh, “ucapnya.


Berdasarkan data rumah yang mengalami rusak akibat puting beliung sebanyak 14 rumah rusak ringan, dan satu rumah milik Laksmiyatun rusak berat. 14 rumah rusak ringan tersebut yakni milik Rohman, (62) Makmur, (52),  Samsul Huda, (59), Kadiran, (65),  Supriyanto, (42),  Puput Pujiyono,(37) Sumarno, (50) dan Merdikan,(62). Selain itu beberapa rumah yang gentingnya berhamburan diantaranya, milik Saparodin, (50) Sumanto, (37), Purwadi, (42),  Dartumi, (72),  Karsiah, (78),  Sigit, (45),  Khodir, (64) dan Muhpadi, (40). (hump/zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply