» » SMP Negeri 2 Mertoyudan Maju Tingkat Propinsi Dalam Lomba Adiwiyata

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__SMP  Negeri 2 Mertoyudan dipastikan mewakili Kabupaten Magelang dalam ajang adiwiyata tingkat Jawa Tengah. Sedang untuk tingkat sekolah dasar di wakili dari SD Tamanagung 4 Muntilan. Kedua sekolah tersebut bahkan sudah menjalani penilaian yang dilakukan oleh tim penilai dari propinsi, Jumat (22/4).

Kepala SMPN 2 Mertoyudan Aziz Amin Mujahidin, mengatakan sebenarnya di sekolahnya  sudah menerapkan konsep sekolah adiwiyata sejak lama. Seperti  melakukan penghijauan dilingkungan sekolah sendiri  serta mengolah sampah untuk dijadikan bahan kerajinan dan kompos.

"Bebera aneka kerajinan berbahan sampah plastik sudah dihasilkan siswa kami. Sedangkan  sampah organik kami buat menjadi kompos untuk memupuk tanaman perindang dan tanaman toga,"ungkapnya.

Azis menyebutkan untuk maju ke tingkat propinsi, pihaknya juga mendapat dukungan penuh terutama dari komite sekolah, BLH, serta Disdikpora Kabupaten Magelang, “Bahkan dari muspika juga memberikan dukungan penuh, “ucapnya

Koordinator Program Adiwiyata SMPN 2 Mertoyudan Dra Anik Munawaroh menambahkan pihaknya juga aktif melakukan penghijauan di kawasan resapan air seperti Pakis, Sawangan dan Dukun. Mereka juga menggelar aksi bersih sungai di Kali Lamat, Kali Bangkong, dan Kali Keji.

“Kurang lebih 3500 bibit tanaman yang sudah di berikan dan ditanam langsung oleh anak-anak di tempat tersebut, “jelasnya.

Dia menegaskan bahwa Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. “Tujuanya untuk  menjadikan sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, “ujar Anik.

“Ada tujuh aspek yang dinilai yakni lingkungan sekolah, pelaksanaan program inovatif, partisipasi warga sekolah, kebersihan dan pencahayaan pembelajaran, pemanfaatan lahan sebagai sarana pembelajaran dan konservasi, sarana pendukung ramah lingkungan serta upaya pengelolaan sampah. "Tandas  Ketua Tim Penilai Adipura Provinsi Jawa Tengah Abdul Rohim . (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply