» » Konsep Badan Otoritas Borobudur (BOB) Bedah Menoreh Kembangkan Wisata Baru

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__ Keberadaan Badan Otorita Borobudur (BOB) yang pernah digagas pemerintah hingga kini belum final konsepnya. Namun demikian ada rencana pemerintah  mengembangkan jenis wisata baru selain sarana dan prasarana dari Bandara Kulonprogo menuju Candi Borobudur. Setidaknya ada tiga tempat yang menjadi wacana pengembangan wisata baru diantaranya Tritis, Kulon Progo, DIY, wilayah Bener, Kabupaten Purworejo dan Salaman,Kabupaten Magelang.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko di sela-sela menerima kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroschenko di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (6/8) mengatakan,  khusus Borobudur menjadi kewenangan wilayah pusat, untuk itu pengembangannya dilakukan pemerintah pusat.

“Setahu saya  belum final, saya tidah tahu persis, tapi mungkin sedang dicari formatnya. Ya kalau kita berprasangka baik, ya tentu format yang terbaik. Tapi saya harus jujur, saya tidak tahu persisnya bagaimana,” katanya 

Pihaknya berharap dengan adanya BOB, nantinya bukan hanya menonton Borobudur, namun sekitar Borobudur bisa ikut nebeng dalam pengembangan tersebut.

 “Itu masuk dalam konsep pemikiran kita, tapi saya harus ngomong itu belum konkrit,” ujar Heru.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jateng Prasetya Aribowo,  menandaskan, semangatnya penyusunan BOB untuk memecah wisatawan sebelum menuju Candi Borobudur. “Apa jenis wisata nantinya BOB yang akan membuat master plan.

“Seperti apa wisatawannya,  aksesnya bagaimana?. Jadi penetapan BOB sesungguhnya adalah memanfaatkan bandara baru Kulon Progo,” jelasnya.

Prasetya mengungkapkan bahwa BOB dibentuk, adanya rencana pemerintah pusat mengembangkan 10 destinasi baru di luar Bali, sedangkan untuk Jawa Tengah di kawasan Borobudur.  Pembahasan BOB sendiri saat ini baru masuk tahap akhir penyusunan draf Perpresnya.

“Di dalam BOB nantinya ada struktur Dewan Pengarah yang terdiri dari para menteri terkait seperti Mendikbud, Menpar, Menag, Menteri PU yang bertugas membuat usulan terkait pengembangan Borobdur.

Kemudian ada Badan Pelaksana BOB, yang dikepalai seorang profesional yang diharapkan bisa mengembangkan destinasi wisata baru di luar Borobudur. “Konsep kemarin adalah bedah Menoreh. Rencananya di Tritis Kulon Progo,  Kecamatan Bener, Purworejo,  dan Salaman, Magelang,” ujar Prasetya.

Diharapkan nantinya kawasan ini akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pariwisata, sehingga orang dari bandara Kulon Progo sebelum masuk di Borobudur bisa menikmati di 3 lokasi tersebut.

“Orang tidak datang ke Borobudur tok, mereka bisa menikmati destinasi lain,” tandas Prasetya. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply