» » Benda Purbakala Berumur 700 Tahun Jadi Nisan Kyai Salakan

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__ Warga Dusun Srikuwe, Desa Ambar Ketawang, Kecamatan  Mungkid, digemparkan adanya penemuan batu pubakala yang berada di tengah makam. Batu yang dunakan nisan makam Kyai Salakan berbentuk dandang berlerif tersebut diduga merupakan benda purbakala yang sudah berumur 700 tahun.

Kasi Humas Polsek Mungkid Aiptu Mudakir, mebenarkan adanya penemuan batu berumur ratusan tahun tersebut, dan terpasang di makam Kyai Salakan Senin (19/9).

“Benda itu pertama ditemukan oleh Kadus Srikuwe Sakroni.  Situs tersebut  terbuat dari Batu berlerief dan  berbentuk Dandang (penanak nasi) tersebut,  dipasang sebagai Batu Nisan Makam Kyai Salaan yang diperkirakan dibuat 700 tahun silam, ” ungkapnya saat di konfirmasi di Mapolsek Mungkid  Selasa (20/9).

Pertama kali melihat saya tidak begitu memperhatikan namun lama kelamaan setelah saya diamati ternyata disitu ada reliefnya dan bentuknya seperti  Dandang sebagai penanak nasi,” aku Kepa Dusun Srikuwe  Sakrowi.

Benda yang diduga bersejarah tersebut kini diamankan oleh dinas Purbakala Prambanan Yogyakarta  guna penelitian lebih lanjut.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply