» » Jalan Alternatif Magelang - Purworejo Amblas

SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Akibat hujan Jalan alternatif sepanjang 18 meter penghubung antar Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo tepatnya di Dusun Tlogosari,  Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang amblas dan nyaris putus kemarin.  Kendaraan roda empat yang melintas terpaksa harus memutar sejauh 5 kilometer.

Salah seoang warga Agus Diono,  mengatakan jalan amblas terjadi pada Rabu (28/9) pukul 02.00 wib dini hari, akibat hujan deras dan drainase yang tidak berfungsi maksimal sehingga mengikis bahu jalan dan longsor.

"Ruas jalan lalu amblas beserta aspalnya yang mengelupas, dan pengendara yang melintas harus memutar sekitar 5 km," katanya Kamis (29/9)

Untuk pengguna jalan di minta berhati-hati karena ruas jalan hanya tinggal separo, dan hanya bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda motor.
"Semoga segera mendapat perhatian dari pemerintah. Sehingga arus jalan biasa kembali normal," harap Agus. 

Sekretaris Desa Margoyoso Marjan Triyono menyatakan, jalan itu merupakan akses penting bagi desanya dan desa lain. Seperti dipergunakan warga untuk membawa hasil pertanian ke pasar dan Anak-anak sekolah.

"Bahkan jalan ini salah satu jalur yang menghubungkan anatara Balai Desa Margoyoso dan Mayungsari (Purworejo)," katanya. 

Menurut dia, Pemerintah Desa Margoyoso sudah mengajukan bantuan untuk pembangunan jalan pada tahun ini. Namun,  hingga saat ini belum ada tanda-tanda usulan diterima. Mengingat jalur itu sangat vital, ia berharap pemerintah segera membangun kembali jalan itu. 

"Untuk penanganan sementara waktu kami mengajukan bantuan ke pemerintah daerah berupa bagor. Rencananya itu untuk membangun talud agar jalan bisa kembali difungsikan secara normal," katanya. 

Kepala DPU ESDM Kabupaten Magelang Sutarno mengatakan, Pemerintah Desa bisa koordinasi dengan BPBD Kabupaten Magelang untuk mengeluarkan surat status tanggap darurat. Bahwa, jalan itu rusak  disebabkan karena bencana alam. Rekomendasi ini kemudian bisa digunakan bupati mengeluarkan alokasi dana tak terduga untuk menangani hal tersebut. 
"Itu kan disebabkan karena bencana alam, nanti bisa dibantu dari alokasi dana tak terduga. Kalau ada surat dari BPBD mungkin kita bisa action" ujarnya. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply