» » 73 Calon Kepala Desa Di Magelang Ikuti Deklarasi Damai

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Sebanyak 73 calon kepala desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Minggu (23/10), ikuti deklarasi damai,  menyatakan sikap siap kalah dan menang di Pendapa Drh Soepardi, Kamis (20/10). Selain itu, mereka menyatakan kesanggupannya melaksanakan Pilkades dengan damai, aman dan lancar.  Deklarasi damai dipimpin langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin disaksikan  disaksikan Muspida dan Muspika dari masing- masing calon Kepala desa.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, pada tahun ini dilangsungkan Pilkades serentak untuk gelombang pertama di 24 desa. Pilkades tersebut dilangsungkan kali pertama sesuai dengan UU No 6 tahun 2014, Perda No 5 tahun 2016, Perbub 21 tahun 2016 tentang Pilkades.

“Dengan ketentuan baru ini, saya imbau camat, panitia Pilkades dan BPD senantiasa mempelajari ketentuan tersebut agar dalam pelaksanaannya tidak bertentangan,” katanya.

Zaenal menyampaikan bahwa Pilkades, untuk memilih calon pemimpin secara demokratis, namun karakteristik yang  pelaksanaanya berbeda dengan pemilihan legislatif (Pileg), Pilkada, Pilpres.  Figur yang akan dipilih nantinya berhadapan dan melayani masyarakat secara langsung.

“Potensi kerawanan lebih tinggi dari Pilkada, Pileg maupun Pilpres. Potensi kerawanan biasanaya terjadi setelah penghitungan suara karena tidak puas terhasil penghitungan. Hal lain juga  diakibatkan oleh kelompok tertentu yang memanfaatkan Pilkades sebagai ajang perjudian.  Oleh karenannya Pilkades  dilakukan serentak guna  meminimalisir hal tersebut,” jelas Zaenal.

Bupati berharap pada  masing-masing calon bisa memahami dari pernyataan  sikap menang dan kalah.  Yaitu siap menjadi pemenang dan agar berjiwa besar mengakui kekalahan.

“Pasti ada yang menang dan kalah, menjadi Kepala desa bukan jalan satu-satunya mengabdi. Komitmen para pendukung juga sangat penting untuk Pilkades damai,” tegas Zaenal

Kapolres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho melalui Wakapolres Kompol Heru Budiarto, mengharapkan, pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan aman. Bagi kepolisian, keamanan merupakan harga mati.

“Jika ada anggota kami yang memihak salah satu calon, tolong dilaporkan. Kami berharap Pilkades berlangsung dengan aman dan lancar dari pemilihan hingga penghitungan suara,” tegasnya.

Diketahui  Pilkades di Kabupaten Magelang  akan berlangsung serentak di 24 desa dengan jumlah calon seluruhnya  73 orang.  Dari 73 calon Kades, enam calon diantaranya perempuan.  Bahkan di Desa Candirejo, Borobudur dan Karangkajen, Secang, pasangan suami-istri harus bertarung dalam Pilkades tersebut. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply