» » Tosan Aji Satriatama Magelang Gelar Pameran Keris

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Tosan Aji  Satriatama Magelang gelar pameran keris di pendopo Tourist Information Center (TIC), Borobudur, Kamis (20/10). Keberadaan keris sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia melalui UNESCO tersebut dinilai semakin tersisih oleh perkembangan jaman. Oleh karenanya diperlukan kesadaran bersama agar warisan yang memiliki filosofi tinggi itu tetap terjaga.

Ketua komunitas Satuhu Memetri Budaya Tosan Aji Magelang (Satriyatama), Ahmad Sofyan, memaparkan bahwa saat ini  orang cenderung melihat keris dari tuahnya, tapi kita melihat sebagai budaya yang harus dilestarikan.

“Keris yang sebenarnya merupakan senjata warisan budaya nenek moyang yang  memiliki seni tempa tinggi, filosofi tinggi, spiritual, historis, dan makna mendalam," ujarnya.

Dia mengungkapkan,  orang Indonesia pada jaman dulu dengan memiliki keris, telah memiliki budaya sendiri dan tidak terpengaruh dengan budaya negara lain.

"Diharapkan kegiatan yang kita gelar satu tahun sekali ini bisa menggugah generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan nenek moyang bangsa," kata Ahmad Sofyan.

Kepala Bidang Kesenian dan Nilai Tradisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein menandaskan, pameran dan
sarasehan tosan aji tahun ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai
Kamis (20/10) hingga Sabtu (22/10), dan diikuti sebanyak 22 komunitas pecinta tosan aji dari berbagai daerah yang turut dalam kegiatan kemarin.

"Mereka berasal dari wilayah Kedu, Jawa Timur, Jogjakarta, Solo, Semarang, dan lainnya. Sedangkan jumlah tosan aji yang
dipamerkan ada sekitar 200, baik keris, tombak, pedang, dan
lain-lain dengan usia yang beragam," tandasnya. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply