» » Candi Borobudur Kembali Tertutup Abu Vulkanik Merapi

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Balai Konservasi Candi Borobudur, menggelar simulasi siaga bencana Candi Borobudur dengan melibatkan ratusan orang dari sejumlah unsur dan pelajar, Jumat (7/10).

Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur (BCB), Marsis Sutopo, mengatakan, siimulasi ini melibatkan sekitar 200 orang dengan melibatkan BPBD Kabupaten Magelang, Kepolisian, TNI, puskesmas, dan masyarakat serta pelajar di sekitar Candi Borobudur.

“Kita berharap dengan simulasi ini  mereka sejak dini mengenal bagaimana penanganan bencana bila sewaktu-waktu terjadi," katanya.

 Pada simulasi yang menggambarkan  status Gunung Merapi pada level siaga. Komandan Tim Tanggap Bencana, Marsis Sutopo menginstrusikan pada staf  BCB untuk mempersiapkan diri jika terjadi peningkatan status Gunung Merapi.
     
Beberapa saat kemudian  BCB mendapat kabar dari BPBD Kabupaten Magelang bahwa status Gunung Merapi meningkat menjadi awas dan abu vulkanik dan pasir hasil erupsi telah terbawa angin ke arah barat daya.
 
Pengumuman dari BPBD tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh petugas keamanan Candi Borobudur dengan menyampaikan informasi kepada pengunjung agar segera turun dari candi karena abu vulkanik Merapi diperkirakan  15 menit sampai di kawasan Candi Borobudur.

 Bersamaan hal tersebut sejumlah petugas BCB membawa cover stupa ke atas candi yang kemudian memasangnya untuk menutupi sejumlah stupa agar abu vulanik tidak masuk ke dalam stupa.


"Dengan simulasi seperti ini, kalau suatu saat terjadi bencana kita sudah terbiasa dengan koordinasi. Hal ini juga sebagai pelatihan bagi petugas inti BCB," jelas Marsis.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply