» » Gelapkan ADD Mantan Ketua BPD Dijebloskan Ke Kejaksaan

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__ Tersangka korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) yang diperuntukkan operasional anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Kalikuto, Kecamatan Grabag, resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Mungkid, Kamis (27/10). Mantan ketua BPD Sapto Mulyo (61), yang juga pensiunan PNS tersebut diduga menggunakan dana operasional anggotanya  sebesar Rp13,5 juta.  Rencanya, berkas perkara dan tersangka akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang,  Selasa (1/11) yang akan datang.  Pelimpahkan tersangka Sapto, dilakukan Kanit Tipiko Reskrim Polres Magelang Ipda Abdul Muthohir  dan  diterima langsung Kasi Pidsus Kejaksanaan Mungkid, Taofik Eko Budianto.

Kanit Tipikor Reskrim Polres Magelang Ipda Abdul Muthohir mengatakan, penyidikan kasus dugaan korupsi ADD berawal atas laporan salah satu anggota  BPD Desa Kalikuto. Diduga uang operasi yang digunakan sejak 2007-2011 senilai Rp13,5 juta.

“ADD untuk operasional BPD senilai Rp20 juta, yang diduga digunakan untuk keperluan pribadi. Saat dilakukan penyidikan tersangka mengembalikan uang sebesar Rp13,5 juta. Uang ini yang akhirnya kami sita, sebagai barang bukti,” ungkapnya di Kejasaan. 

Dia menjelaskan, selama menjalani pemeriksaan di Polres Magelang, tidak dilakukan penahanan karena yang bersangkutan kooperatif.

“Untuk kasus ini ada sekitar 11 saksi yang diperiksa antara lain Sekdes, Kades dan Insektorat,” tegas Abdul Muthohir.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Mungkid, Taofik Eko Budianto mengatakan, ini pelimpahan tahap kedua. Setelah dilakukan pelimpahan , jaksa penyidik masih melakukan pemeriksaan berkas perkara dan memeriksa yang bersangkutan.

“Barang bukti uang tunai Rp13,5 juta dan sejumlah laporan pertanggungjawaban penggunaan ADD ini. Tersangka ini disangkakan melanggar pasal 2 subsider pasal 3 dan subsider pasal 8 UU No 31 tahun 1999 tentang Tipikor, sebagaimana diubah dalam UU No 20 tahun 2001 tentang Tipikor. 
” bebernya. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply