» » Bangunan Candi Abad 8 Ditemukan di Lereng Merapi

DUKUN, KABARMAGELANG.com__Pekerja proyek pembangunan jembatan temukan puluhan batu purbakala di lereng gunung Merapi, Dusun Gendelan, Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menyebutkan bahwa batu-batu jenis andesit itu merupakan struktur atau bagian komponen dari candi peninggalan abad ke-8 sampai ke-9. 

Pengkaji Pelestari Cagar Budaya BPCB Jawa Tengah Wahyu Kristanto, menjelaskan setelah dilakukan peninjauan batu-batu tersebut merupakan struktur dari sebuah candi. “

"Bisa jadi ini semacam pagar karena tidak tinggi," jelasnya saat di konfirmasi Kamis (15/12)

Meski demikian  pihaknya belum dapat menyimpulkan lebih pasti karena data yang diperoleh dari lokasi penemuan masih sangat  minim. Batu-batu itu ini memiliki kesamaan dengan arsitektur candi-candi yang ada di sekitar lereng gunung Merapi. Yakni berwarna abu-abu dan memiliki ukuran bervariasi antara 25 - 50 sentimeter.

"Data masih  minim sehingga belum bisa  disimpulkan, apakah  ini peninggalan jaman kerajaan Hindu atau Buddha.  Setelah peninjauan ini kami akan analisa dan konservasi dulu, baru kemudian kami membuat rekomendasi langkah penyelamatannya.  secepatnya akan ditindaklanjuti,"  jelas Wahyu.

Sementara Pelaksana Teknik PPK Jembatan SNPT PJN Wilayah II Jateng M. Syaiku,  menceritakan batu-batu purbakala itu pertama kali ditemukan oleh pekerja jembatan yang sedang menggali tanah menggunakan eksvakator pada Sabtu (9/12) lalu. Pada kedalaman sekitar 3 meter, alat berat itu mengenai batu-batu tersebut.

"Semula pekerja itu mengira hanya batu biasa. Namun setelah diperhatikan ada banyak batu yang mirip dengan batu-batu candi. Kami lalu melaporkan penemuan ini kepada aparat desa dan Pemkab Magelang," ungkapnya.

Adanya penemuan tersebut untuk sementara pembangunan jembatan gantung sepanjang 90 meter yang menghubungkan Dusun Gendelan, Desa Krinjing, dengan Dusun Jombong, Desa Paten, terpaksa  dihentikan sampai ada rekomendasi dari BPCB.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply