» » Korban Meninggal Laka Lantas Mayoritas Pengedara Sepeda Motor

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Magelang mayoritas dialami pengendara sepeda motor. Sementara angka kecelakaan tahun 2015 hingga 2016  mengalami kenaikan sebesar 12 persen. Sedang korban meninggal dunia turun 5 persen.

Kasatlantas Polres Magelang AKP Didi Dewantara meyebutkan,  hingga awal Maret tahun ini angka kecelakaan lalu lintas ada 65 kejadian, dan  kebanyakan pengendara sepeda motor. Dari sejumlah itu 18 orang meninggal dunia.

“Kecelakaan terjadi karena faktor manusia, kendaraan, dan jalan dan jalan.  Tetapi kalau kita analisa kebanyakan dari faktor manusia, atau pengendara sendiri,” katanya Minggu (19/3)

Dia juga mengungkapkan angka kecelakaan lalu lintas dari 2015 hingga 2016 mengalami kenaikan sebesar 12 persen, namun fatalitas korban meninggal dunia mengalami penurunan 5 persen. Untuk 2016 ada sebanyak 165 orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

“Kebanyakan  korban meninggal tahun lalu  kebanyakan juga pengendaraan sepeda motor,” ungkap Didi

Untuk itu, lanjut Didi , salah satu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dalam Operasi Simpatik 2017, Polres Magelang mengambil tema Sepeda Motor bukan Mesin Pembunuh.

“Evaluasi dari kejadian kecelakaan, kurang sadarnya empati sesama pengendara sepeda motor, seperti ada orang menyeberang harus didahulukan,” ujarnya.

Selain itu operasi simpatik yang dilakukan tetap dengan upaya preentif dan preventif. Salah satu upaya preentif ini adalah kita memberikan sosialisasi, kemudian menanamkan karakter sejak dini kepada anak-anak melalui sekolahan-sekolahan.

“Kita juga akan menggali potensi-potensi masyarakat, untuk ikut membantu dan mewujudkan Keamanan, Ketertiban, Keselamatan dan Kelancaran Lalulintas (Kamtibselcar) Lantas,” pungkas Kasatlantas.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply