» » Penambang Pasir Manual Grudug Pemda Bupati Dinilai Lebih Mementingkan Ngetrail

MUNGKID,KABARMAGELANG.com__Rutusan penambang pasir manual Kecamatan Srumbung dan sopir yang tergabung dalam Merapi Trans Community MTC dengan menggunakan 50 unit truk penambang, menggeruduk Kantor Pemda Magelang (17/4) pagi.  Mereka menuntut kejelasan regulasi dari Pemda terkait pengalokasian penambangan pasir manual, yang semakin tergusur akibat banyaknya penambangn yang menggunakan alat berat.

Dalam orasi yang disampaikan, mereka menilai Bupati tidak tegas dalam menyusun tata kelola wilayah  penambangan. Didepan Pemda dengan lantang mereka mengatakan,  “Bupati lebih mementingkan kegiatan ngetrail, dari pada memikirkan rakyatnya“ . Kami kesini akan  bertemu langsung dengan bupati Magelang, Zaenal Arifin.  

Sebelum berorasi lebih jauh akhirnya perwakilan ini penambang ditemui oleh asisten 1 Eko Triyono di dampingi Kadis Lingkungan Hidup Tri Agung, Kadis Pembangunan Umum Heriyanto dan Kepala Satpol PP Imam Bashori. Dalam pertemuanya di ruang bina praja Pemda tersebut di sepakati pihak Pemda akan segera memberikan solusi terkait penambangan manual.

“Dulu pernah mengeluarkan ijin penambangan rakyat (IPR) manual di kali bebeng seluas 10 hektar sampai batas cawang, tanpa di kenai biaya sedikitpun,” jelas Eko Triyono .

Sebagai solusi  penambang segera mengurus proses  ijin beserta lokasi yang di tunjujk ke Gubernur melalui Bupati.

"Saat proses pengurusan ijin penambangan harus ada kesepakatan alat berat tidak mengusik penambang manual.  Kami berharap persoalanan ini dikaji secara langsung oleh gubernur sebagai bahan tinjauan ulang dilapangan, yang akan disesuaikan dengan Keputusan Kementerian ESDM soal Penetapan Wilayah Pertambangan Jawa Bali tahun 2014" ujarnya.

Usai pertemuan dengan pihak Pemda,  Koordinator MTC Nida Nur Afandi, menyampaikan kepada para penambang, siap akan mengurus berkas berkas perijinan ke provinsi melalui bupati.  Dan selama proses perijinan pihak pemda menjamin aman terhadap penambangan manual di daerah cawang kali bebeng.

"Pemda menjamin aman penambangan  manual di daerah cawang kali bebeng, termasuk penambangan yang di tebing,” ungkapnya. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply