» » 65 Persen Calhaj Asal Magelang Lansia

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__355 calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 12 asal Magelang di berangkatkan dari kompleks Pemkab Magelang, Minggu (30/7). Calhaj yang mayoritas lansia tersebut dilepas langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Khudaifah.

Khudaifah menyebutkan kuota jamaah calon haji asal Kabupaten Magelang yang berangkat tahun ini mayoritas diisi oleh lanjut usia. Dari sebanyak 1047 jamaah, lansia yang berangkat mencapai 65 persen.

"Lansia tersebut rata-rata berumur 60 tahun ke atas," jelasnya  di sela pelepasan jamaah calon haji kloter 12.

Dia mengatakan, jumlah calhaj lansia yang diberangkatan tahun ini memang banyak, yakni lebih dari lima puluh persen dari kuota keseluruhan. Meski demikian  jumlah tersebut juga disesuaikan dengan nomor urut pendaftaran para jamaah.Bukan karena terpengaruh masa tunggu. Bisa jadi tahun depan, jumlah jamaah yang lansia lebih sedikit," kata  Khudaifah.

Khudaifah menyatkan bahwa jamaah lansia yang masuk dalam kuota prioritas, juga  harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti berusia minimal 75 tahun dan sudah mendaftar paling tidak sejak tahun 2014.

Sementara itu, hingga saat ini, dari kuota sebanyak 1047 orang jamaah calon haji asal Kabupaten Magelang, satu orang diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

“Dan satu orang jamaah mundur karena sakit struk, serta  satu orang masih debatable,” tambahnya.

Dikeatahui jamaah calon haji asal Magelang akan diberangkatkan dalam empat kloter. Yakni kloter 12, 58, 59 dan 60.  Sebanyak 355 jamaah yang tergabung dalam kloter 12 berangkat pada Minggu (30/7). Sementara untuk kloter 58, 59 dan kloter 60 diberangkat pada, Senin (14/8) besok. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply