Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Sambut Perayaan Asalha Mahapuja 2561 BE / 2017 Ribuan Umat Budha Ikuti Tipitaka Chanting

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Menyambut perayaan Asalha Mahapuja 2561 BE/2017,  ribuan  umat Budha  Indonesia mengikuti pembacaan Tipitaka Chanting ke III di Taman Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kamis (6/7). Pembacaan Tipitaka Chanting tersebut akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (8/7) lusa.
 
Ketua Saha Therapada Indonesia,  Bikhu Subha Panyo Mahatera Sanghanayaka, menjelaskan pada perayaan Aslaha ke III ini ada dua rangkaian inti kegiatan,  yakni Tipitaka Chanting,  dan puja bhakti agung perayaan Asadha. Makna Tipitaka Chanting sendiri adalah mengulang kembali khotbah-khotbah Guru Agung Budha, membaca apa-apa yang dimuat di Tipitaka.

"Tipika harus terus dibaca, dikaji, dan dipahami sebagai landasan praktik dalam kehidupan se hari-hari, oleh umat Budha. Selain itu juga sebagai peringatan  khotbah Guru Agung Buddha Gotama, untuk mengajak umat Buddha agar senang membaca, tentang ajaranNya," katanya.

Dia menyebutkan bahwa Tipitaka adalah kitab suci yang dulunya berupa tuturan lesan, baru pada abad keenam ditulis menjadi buku.

“Pembacaan Tipitaka perlu diulang-ulang agar  paham, sekaligus melestarikan isi tulisan yang terkandung di dalamnya. "jelas Bikhu Subha Panyo.

Subha Panyo juga menegaskan peringatan ini merupakan yang ke III kalinya dan mengapa  selalu diselenggarakan di Candi Borobudur, karena Candi Borobudur merukan Candi terbesar pendinggalan Budha. Dia juga berharap  kegiatan Tipitaka Chanting ini bisa membangkitkan semangat serta bisa memperkokoh umat Buddha diseluruh indonesia.

“Sebagai  puncak perayaan adalah  pembacaan parita suci dan mendengarkan khotbah, yang dilanjutkan dengan perayaan Asalha Mahapuja di Candi Borobudur Sabtu (8/7) lusa," ujarnya. (Kb.M1)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply