» » Petugas Keamanan Balai Konservasi Borobudur Belum Ideal

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Marsis Sutopo berencana akan menambah jumlah petugas keamanan di lapangan yang berpatroli di Candi Borobudur. Hal tersebut akan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari adanya kejadian pelanggaran yang dilakukan pengunjung karena berfoto selfie dengan memanjat pagar langkan Candi Borobudur, beberapa waktu lalu.

"Yang pasti, kecukupan jumlah petugas ini harus ideal dulu," jelasnya di Borobudur, Kamis (10/8).

Dia menegaskan penambahan petugas itu, juga akan dibarengi dengan pembekalan kemampuan agar petugas semakin tahu serta selalu memonitor apa yang boleh dan tidak dilakukan oleh pengunjung.

"Jangan sampai di lokasi malah pasif. Sebisa mungkin mobile dan berkeliling," tegas Marsis.

Dia menyebutkan, jumlah ideal petugas setiap shift adalah sebanyak 40 orang. Sedangkan selama ini, jumlah petugas per shift hanya 19 orang, dengan pembagian shift mulai pukul 06.00-12.00 WIB, 12.00-18.00 WIB, 18.00-24.00 WIB, dan 24.00-06.00 WIB.

"Dengan jumlah itu, kadang kita kewalahan di lapangan. Kemarin sudah kita evaluasi, mau tidak mau harus tambah," ujarnya

Namun demikian rencana penambahan jumlah petugas keamanan ini tidak bisa serta merta langsung dilaksanakan. Karena, rencana ini berkaitan dengan anggaran.

"Untuk itu, kita akan berdayakan yang ada. Salah satunya dengan membentuk Pramuka Saka Budaya yang beranggotakan pelajar. Pramuka saka budaya nantinya akan diberdayakan untuk memberikan sosialiasi kepada para pengunjung/wisatawan Candi Borobudur. " kata Marsis

Marsis juga mengingatkan bahwa menjaga Candi Borobudur tidak hanya menjadi tugas BKB saja, namun juga butuh kepedulian dari semua pihak, terutama pengunjung. BKB sebenarnya sudah memasang berbagai bentuk informasi tentang larangan yang tidak boleh dilanggar pengunjung.

"Seperti pemasangan papan informasi yang berisi larangan buang sampah sembarangan, larangan memanjat," pungkasnya.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply